Sejarah Pengadilan Negeri Klas IA Tasikmalaya

0 115

Lokasi Pengadilan Negeri Klas IA Tasikmalaya

Pengadilan Negeri Klas IA Tasikmalaya terletak di Jl. Siliwangi No.18, Tugujaya, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat 46126.

Sejarah Pengadilan Negeri Klas IA Tasikmalaya

Sejarah berdirinya lembaga pengadilan di Indonesia jauh sudah ada sebelum penjajahan Belanda. Kala itu dikenal adanya berbagai pengadilan yang diselenggarakan kerajaan-kerajaan di nusantara. Meskipun pada zaman kerajaan itu, yang berkuasa adalah mutlak pada raja dan menjalankan peradilan adalah raja, tetapi tidak dapat pula disangkal bahwa di Indonesia ketika itu, tidak semua perkara diadili oleh raja sebab pada tiap-tiap kesatuan hukum memiliki kepala-Kepala adat dan daerah yang sekaligus juga dapat bertindak sebagai hakim perdamaian.

Pengadilan Negeri Tasikmalaya berdiri sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945. Terletak di Jalan Pemuda No. 3. Pada tahun 1982 berpindah tempat ke Jalan Siliwangi No.18, Kel. Tugu Jaya, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. Pada Tahun 2001 Pengadilan Negeri Tasikmalaya Klas-nya dinaikan dari Klas IIA menjadi IB, sejak bulan Februari tahun 2017, Pengadilan Negeri Tasikmalaya menjadi Klas 1A. Tahun 2001 Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dimekarkan dengan adanya Pemerintah Kota Tasikmalaya, sehingga Pengadilan Negeri Tasikmalaya sekarang ini mempunyai 2 (dua) Wilayah Hukum :

1. Wilayah Hukum Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

2. Wilayah Hukum Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Pada Tahun 2003 Pengadilan Umum disatu atapkan ke Mahkamah Agung Republik Indonesia bersama dengan Pengadilan Agama, Tata Usaha Negara dan Militer. Sejak berdirinya Kantor Pengadilan Negeri Tasikmalaya dari tahun 1945 sampai dengan sekarang dalam perjalanannya telah terjadi beberapa kali mengalami pergantian Ketua Pengadilan Negeri Tasikmalaya.

Source Sejarah Pengadilan Negeri Klas IA Tasikmalaya Jawa Barat
Comments
Loading...