Sejarah Pemukiman Sedau Pasar

0 85

Pemukiman Sedau Pasar

Pemukiman Sedau Pasar ( Ng Liau / A Tjap Kong ) adalah Pemukiman orang Tionghoa yang dalam Bahasa Khek berarti Pasar Ikan. Daerah tsb terletak di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan. Beriring perkembangannya ” Ng Liau ” berganti nama menjadi ” A Tjap Kong ” yang dapat diartikan sebagai ” Pemukiman Sungai Nipah ” dan saat ini pemukiman tsb dikenal sebagai ” Sedau Pasar “.

Secara umum arsitektur bangunan di pemukiman ini terdiri atas beberapa bangunan yang berbentuk rumah dempet yang memanjang dengan menggunakan satu atap, seperti asrama kebanyakan. Bedanya dengan rumah dempet asrama bangunan tsb memiliki arsitektur yang cukup unik, keunikan tsb terletak pada dinding depan bangunan yang dapat dibongkar pasang. konstruksi dinding yang berbahan kayu ini disusun secara horizontal dengan cara merapatkan kayu-kayu yang pada bagian ujungnya dilekatkan pada sekat yang berada disetiap sudut bangunan. Dinding-dinding tsb biasanya dilepas pada saat-saat tertentu, misalnya pada saat upacara kematian dan pada saat musim kemarau.

Pemukiman ” Ng Liau ” berada ditepian Sungai Pasar Sedau Besar yang mendukung corak mata pencarian masyarakat sekitar menjadi Nelayan ( meskipun saat ini tidak banyak lagi yang menjadi nelayan ). Bangunan dengan pola linear tsb saling berhadapan dengan orientasi Timur-Barat, menurut keyakinan Feng Sui Tionghoa arah tsb berhubungan dengan warna keemasan sinar matahari yang menyimbolkan Kekayaan, Kemakmuran, Kesuburan, Keceriaan.

Bentuk arsitektur bangunan di ” Ng Liau ” dibagian lantai, serambi masih menggunakan kayu yang disusun rapi rapat dan diujungnya disekat, bangunan dibangun agak tinggi dari permukaan tanah untuk menghindari air pasang atau banjir ( sebagian bangunan masih dengan arsitektur lama, tetapi ada juga yang sudah merenovasi bangunan tsb layaknya ruko ).

Saat ini Pemukiman Sedau Pasar ( Ng Liau – A Tjap Kong ) lebih dikenal sebagai sentra produksi terasi/belacan di Kota Singkawang. Letak Geografis : 108*55″434 BT 0*51″558 BT. Nah inilah salah satu Cagar Budaya ( Singkawang Heritage ) yang masih berdiri bangunannya dan tampak ada sampai sekarang. Suatu kebanggaan tersendiri bagi kita masih bisa melihat dan tahu Sejarah Singkawang Heritage tsb.

Source https://www.singkawanginfo.com https://www.singkawanginfo.com/2017/04/latar-belakang-sejarah-pemukiman-sedau-pasar-singkawang-heritage.html
Comments
Loading...