Sejarah Pemandian Sumberwaras

0 68

Pemandian Sumberwaras

Pemandian Sumberwaras terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang hanya berjarak sekitar 18 km dan berada pada ketinggian 440 m dari permukaan laut. Pengelolaan Pemandian Sumberwaras oleh PD Jasa Yasa sejak 1985 dan pengelolaan sehari-hari oleh Bapak Samsul dan beberapa pegawainya. Konon, dahulu komplek Pemandian Sumberwaras ini merupakan bangunan milik Belanda.

Pada tahun 1984 bangunannya direnovasi dan dioperasikan kembali setahun setelahnya. Pemandian Sumberwaras sudah dilengkapi dengan kolam renang dewasa dan anak anak. Dengan fasilitas ini, sepertinya sangat cocok jika pemandian ini dipakai untuk sarana rekreasi keluarga. Fasilitas lain yang terdapat di Pemandian Sumberwaras ini adalah kios makanan dan sarana perkemahan Pramuka. Pada tahun 2013 Pemandian Sumberwaras direnovasi sehingga keadaannya sekarang lebih baik lagi. Sebelumnya kedalaman kolam renang mencapai sekitar 4 meter, sekarang dikurangi kedalamannya.

Pemandian ini memiliki luas sekitar 21 m x 54 m dengan kolam renang dewasa berukuran 6 x 25 meter dan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan kolam untuk anak-anak dengan ukuran 8 x 6 meter dengan kedalaman 60-80 cm. Sedangkan debit airnya sekitar 600 m3 yang berasal dari sumber air Polaman.

Source http://ngalam.id http://ngalam.id/read/3855/pemandian-sumberwaras/
Comments
Loading...