Sejarah Pemandian Alam Dewi Sri Malang

0 42

Pemandian Alam Dewi Sri

Pengelolaan pemandian ini dipegang oleh Pemda Kabupaten Malang sejak 1952 dan pada tahun 1973 pengelolaannya diserahkan kepada PD Jasa Yasa. Awalnya Pemandian Dewi Sri merupakan sumber mata air yang kemudian dikelola menjadi pemandian yang sekaligus berkembang menjadi sentra penjualan bunga dan sayuran di daerah Pujon. Letak sumber air Dewi Sri tepat berada di kaki Gunung Dorowati. Sumber air Dewi Sri ini memiliki debit air 160 liter/detik dan mengalir di antara akar pohon pinus dan pohon gintungan menuju dua kolam pemandian. Pemandian Dewi Sri menjadi tujuan wisatawan lokal khususnya yang menyukai tanaman hias.

Pemandian Dewi Sri telah dilengkapi sarana penunjang, seperti kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, taman, restoran, dan hutan lindung. Kolam renang dewasa berukuran 13 X 25 meter dan kolam renang anak berukuran 8 X 8 meter.

Penduduk setempat dan sebagian pengunjung memiliki kepercayaan jika air dari sumber Dewi Sri ini tidak hanya memberi kesegaran, namun juga dapat menyembuhkan penyakit rematik dan membuat awet muda. Bahkan sebagian pengunjung membawa jerigen untuk mengambil air dari Pemandian Dewi Sri untuk dibawa pulang.

Memang sumber air Dewi Sri ini masih bersih dan sehat karena tidak dicampur bahan kimia apapun. Bahkan pada musim penghujan pun air dari sumber ini tidak pernah keruh. Usai berenang, kesejukan udara tetap akan menyelimuti kita karena taman bunga dan pohon pelindung yang menyelimuti kolam renang tumbuh subur. Pepohonan hutan selain mempercantik kawasan wisata ini juga menambah suasana sekitar menjadi kondusif meski disaat siang hari sekalipun. Usai berenang, kesejukan udara tetap akan menyelimuti kita karena taman bunga dan pohon pelindung yang menyelimuti kolam renang tumbuh subur.

Source http://ngalam.id http://ngalam.id/read/3572/pemandian-alam-dewi-sri/
Comments
Loading...