Sejarah Pelabuhan Kalimas Surabaya

0 62

Pelabuhan Kalimas

Pelabuhan Kalimas ini sebenarnya ada lebih dulu sebelum Pelabuhan Tanjung Perak. Orang-orang Jawa telah menggunakan Sungai Kalimas dan kawasan pelabuhan saat ini sebagai pintu masuk perdagangan sejak jaman kerajaan. Kemudian, Perlabuhan Kalimas dibangun dengan standarnya yang berkiblat pada kanal-kanal di Negeri Belanda saat Belanda masih menduduki Surabaya.

Kini, pelabuhan ini lebih kental suasana Surabaya-nya dengan berlabuhnya kapal-kapal tradisional. Acara bongkar muat barang-barang berlangsung dengan luar biasa riuh di pelabuhan ini, penuh dengan lalu lalang pekerja berkulit sawo matang yang mayoritas adalah buruh angkut. Nyaris sudah tak ada jejak sisa peradaban jaman Belanda lagi di sini.

Pelabuhan Kalimas ini memang lebih dikenal sebagai pelabuhan rakyat karena jenis kapalnya yang berlabuh. Selain itu, Pelabuhan Kalimas ini diisi oleh orang-orang Kalimas saja. Maksudnya, kru kapal di pelabuhan ini hanya bekerja untuk kapal-kapal Kalimas. Demikian pula dengan angkutan daratnya, khususnya truk bagong, dan tenaga kerja bongkar muatnya. Hal seperti ini nyaris tak bisa dijumpai di pelabuhan-pelabuhan lain. Dan kabarnya, pelabuhan ini akan segera direvitalisasi oleh PT Pelindo.

Source https://dolandolen.com https://dolandolen.com/travel-directory/pelabuhan-kalimas-surabaya/
Comments
Loading...