Sejarah Pasar Sekanak Palembang

0 127

Pasar Sekanak

Dengan sejarah yang cukup panjang, Pasar Sekanak diyakini sebagai salah satu pasar darat tertua di Palembang. Hebatnya lagi, hingga kini fungsinya masih belum berubah. Ada saja warga sekitar berbelanja kebutuhan sehari-hari, di kawasan yang konon dulunya ditinggali bangsawan Kesultanan Palembang Darussalam.

Namun menurut laporan pada Maret silam, kondisi Pasar Sekanak belakangan semakin memprihatinkan. Dari 250 kios yang ada, hanya 10 persennya ditempati pedagang. Hal ini konon disebabkan oleh sejumlah faktor, pasar sudah tidak dilewati angkutan umum dan sebagian warga lebih memilih belanja di Pasar 26 Ilir. Meski begitu, bukan berarti Pasar Sekanak bisa disepelekan. Kawasan penuh nilai historis ini punya banyak pesona yang sungguh sayang jika dilewatkan.

Pasar Sekanak kini menjadi bagian dari wilayah kota tua di Aceh. Meski semakin sepi pembeli, belakangan lokasi ini menjadi primadona di kalangan pecinta fotografi. Kehadiran bangunan-bangunan tempo dulu di sekitar pasar menyenangkan bagi mereka yang menggemari suasana zaman kolonial.

Apalagi di sekitar wilayah pasar masih banyak bangunan ala Belanda yang masih dipertahankan hingga kini. Bahkan tak sedikit gedung yang sudah dibangun sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam dan dihuni oleh golongan bangsawan. Maka tak heran jika pemerintah setempat sudah lama punya ide mengembangkan kawasan ini sebagai tujuan wisata.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/pasar-sekanak-palembang/96042/
Comments
Loading...