Sejarah Pasar Raya II Salatiga

0 279

Pasar Raya II Salatiga

Pasar Raya II Salatiga adalah salah satu pasar tradisional terbesar di kawasan kota Salatiga Raya dan sudah ada sejak zaman dahulu maupun zaman Belanda berada di jalan Jendral Sudirman. Sebelum berubah nama menjadi Pasar Raya II, dahulu bernama Pasar Berdikari yang terdiri dari 2 lantai sekaligus sebagai terminal bus dan angkutan kota serta desa. Terminal Kota Salatiga berada di Jalan Jendral Sudirman ini cukup lama, yakni selama 31 tahun.

Namun pada tahun 1995, Pasar Berdikari Salatiga mulai di renovasi dan dibangun total menjadi gedung berlantai 6 dan merupakan bangunan komersial megah dan tinggi pertama di kota Salatiga pada zaman itu. Pasar Berdikari dibangun atas kerjasama pemkot Salatiga yang pada saat itu dijabat wali kota Drs. Indro Suparno dengan PT. Matahari Mas Sejahtera Solo selaku investor dan pengelola gedung Matahari Department Store Pasar Singosaren Solo.

Rencana akan dimanfaatkan sebagai kawasan Sudirman Grand Mal yang dikelola oleh Matahari Department Store. Dibuka untuk umum pada tahun 1998, namun tidak berselang lama, pembangunan gedung yang tersisa 90% tidak dilanjutkan karena terjadi krisis moneter tahun 1998.

Source https://id.wikipedia.org https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_Raya_II_Salatiga
Comments
Loading...