Sejarah Pasar Kebonagung

0 144

Pasar Kebonagung

Atas prakarsa pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1922 dibangunlah pasar yang diperuntukkan bagi kegiatan jual beli rakyat. Pasar tersebut berada di daerah Kebonagung yang masih masuk dalam wilayah Dusun Kliran. Pertama pasar dibangun hanya dua los (lapak) yang konstruksi bangunannya menggunakan besi. Seiring dengan perjalanan waktu pasar semakin ramai dan setelah kemerdekaan Republik Indonesia pasar dibangun dan dikembangkan oleh Dinas Pasar Kabupaten Sleman. Sekitar tahun 1985, Pasar Kebonagung tidak lagi masuk ke dalam wilayah Dusun Kliran tetapi masuk dalam wilayah Dusun Pojok.

Menurut penuturan dari salah seorang warga desa, sekitar tahun 1949 ketika terjadi perang kemerdekaan kegiatan jual beli tidak dilakukan di Pasar Kebonagung . Kegiatan jual beli dilakukan di sebuah pertigaan jalan yang terletak di Dusun Kliran, Sendangagung. Kegiatan jual beli persis berada di depan rumah seorang warga yang bernama Mbah Sanawi. Hal ini dilakukan karena warga merasa kawatir terhadap kondisi keamanan jika kegiatan jual beli dilakukan di pasar. Jika kegiatan jual beli dilakukan di tengah pedusunan maka rakyat akan merasa aman. Baru setelah kondisi aman dari aman, maka kegiatan jual beli kembali ke Pasar Kebonagung.

Pasar Kebonagung terletak di Jalan Jembatan Kebonagung, Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman. Sejak dibangunnya jembatan Kebonagung maka keadaan pasar semakin ramai dan banyak pembeli yang berasal dari luar daerah.

Pasar Kebonagung menempati lahan sekitar 1.972 meter persegi. Pada awalnya oleh Dinas Pasar Kabupaten Sleman pasar ini dikategorikan sebagai pasar kecil. Di bagian depan pasar banyak bangunan yang tidak terkontrol bentuk dan kebersihannya. Tidak seperti pasar yang lain, di depan pasar tidak ditemukan pintu gerbang dan tidak terdapat papan nama pasar. Melihat keadaan bangunan pasar, ada kesan semrawut dan tidak teratur.

Source https://moergiyanto.wordpress.com https://moergiyanto.wordpress.com/2013/07/21/pasar-kebonagung/
Comments
Loading...