Sejarah Pasar Jungke Karanganyar

0 146

Sejarah Pasar Jungke Karanganyar

Sejarah keberadaan Pasar Jungke Kabupaten Karanganyar tidak dapat dilepaskan dengan keberadaan Taman Pancasila. Berawal dari upaya Bupati Karanganyar Waluyo Cokro Darmanto, pada tahun 1977 yang mempunyai keinginan untuk menata wajah Karanganyar. Karena pusat kota Karanganyar pada tahun tersebut di sekitar Pasar Karanganyar (yang sekarang menjadi Taman Pancasila). Adapun langkah yang diambil yaitu dengan memindahkan lokasi Pasar Karanganyar ke arah timur tepatnya di perlimaan pebatasan Kelurahan Bejen dan Tegalgede (yang sekarang menjadi Pasar dan terminal Tegalgede, namun lebih dikenal sebagai Pasar Bejen).

Sedangkan bekas Pasar Karanganyar ditata menjadi ruang publik dengan disulap menjadi taman kota. Selain ditanami pepohonan juga ditambah dengan patung hewan, seperti jerapah, gajah, dll. Sedangkan disisi selatan ditambah dengan patung perjuangan.

Para pedagang yang dipindah ke lokasi baru tersebut mengaku dagangannya tidak laku dan sepi, lalu mereka mencari tempat lain. Para pedagang kemudian pindah ke Pasar Kebo Jungke (sekarang menjadi SMK Bhakti Karya). Setelah 2 (dua) tahun ternyata oleh Pemerintah Karanganyar pada waktu itu dikembalikan lagi ke Pasar Tegalgede/Bejen, namun para pedagang menolak.

Kemudian pada Tahun 1980 para pedagang pasar memilih geser ke sebelah utara Pasar Kebo yaitu wilayah Bibis Jungke. Alasannya adalah mencari tempat yang lebih rame. Para pedagang tersebut menggelar lapak di antara permukiman di Jungke dan di sepanjang kanan-kiri jalan Dimoro-Bibis atau lokasi Pasar Jungke sekarang, sehingga membuat lokasi disekitarnya menjadi kumuh. Atas pertimbangan tersebut maka pada Tahun 1982 diakomodasi pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan membuat pasar baru di lokasi tersebut yang sekarang dikenal sebagai Pasar Jungke. Pemerintah membeli tanah di lokasi tersebut yang awalnya masih berupa area persawahan menjadi aset pemerintah dan dijadikan pasar.

Source https://portalkaranganyar.blogspot.comhttps://portalkaranganyar.blogspot.com https://portalkaranganyar.blogspot.com/2017/11/sejarah-pasar-jungke-karanganyar.html
Comments
Loading...