Sejarah Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya

0 82

Sejarah Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya

Paroki St. Maria Palangka Raya diresmikan oleh Mgr. W. Demarteau MSF, uskup Banjarmasin pada tanggal 1 Maret 1963, dengan Pastor Paroki perdananya ialah P. Karl Klein, MSF. Sebelum itu Palangka Raya merupakan stasi dari Paroki Kuala Kapuas, yang dilayani secara bergantian baik oleh Pastor Kuala Kapuas yakni J.V. Hecke maupun pastor-pastor dari Banjarmasin yaitu P. G.H. Borst MSF, P. G. Heyne MSF dan P. Doto Hendro MSF (1961) dan Pastor Karl Klein MSF, sejak 1962.

Tahun 1955; di Palangka Raya sudah ada beberapa umat katolik diantaranya keluarga Bapak Tjilik Riwut, maGEREJA-KATEDRAL-LAMAntan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah yang pertama. Tahun 1959; Kantor-kantor pemerintah mulai dipindahkan dari kota Banjarmasin ke kota Palangka Raya. Karena itu pegawai-pegawainya yang beragama Katolikpun dengan sendirinya ikut berpindah ke Palangka Raya. Dengan demikian menambah jumlah umat Katolik di Palangka Raya. Pada tahun 1960, umat Katolik mendapat bantuan sebidang tanah seluas 10.000 M2 dari Pemerintah Daerah, tak lama kemudian ada tambahan bantuan tanah seluas 175 M2 . Berkat kerjasama yang baik kemudian mendapat lagi tambahan tanah di jalan H. Oesman Baboe yang kini adalah jalan Tjilik Riwut. Jumlah umat yang masih sedikit dan tempat tinggal yang saling berjauhan tidak menyurutkan niat umat untuk berkumpul dan mengadakan ibadat sabda setiap hari Minggu dipimpin oleh Bapak Prantiyo (Kepala Kanwil P&K) sebagai ketua umat atau Bapak J. Soewardyo (kepala Pendidikan Masyarakat).

Tahun 1961, P. Doto Hendro, MSF dari Jawa bertugas untuk sementara waktu di Palangka Raya. Baru kemudian pada tahun 1963 umat katolik mendapat seorang Pastor yang menetap yaitu P. Karl Klein MSF. Berkat dorongan beliau, umat Katolik waktu itu sanggup mendirikan sebuah Kapel/Gereja Kecil dan mulai dipergunakan sebagai rumah ibadat. Kapel tersebut diberkati oleh Mgr. W. Demarteau MSF pada tanggal 1 Maret 1963 dan sekaligus resmi berdirilah Paroki St. Maria Palangka Raya.

Source http://www.kepraya.org http://www.kepraya.org/sejarah-paroki-katedral-st-maria-palangka-raya/
Comments
Loading...