Sejarah Paroki Hati Kudus Yesus Palasari Bali

0 286

Lokasi Paroki Hati Kudus Yesus Palasari

Paroki Hati Kudus Yesus Palasari terletak di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, di Kabupaten Jembrana, Bali.

Sejarah Paroki Hati Kudus Yesus Palasari

Paroki Hati Kudus Yesus Palasari merupakan sebuah paroki Gereja Katolik Roma di Keuskupan Denpasar. Paroki Palasari sudah terkenal baik di dalam maupun luar negeri bahkan dan menjadi tempat wisata rohani yang ramai dikunjungi. Keunikannya adalah bangunan gereja dengan gaya arsitektur Bali, serta kehidupan umatnya dalam struktur sebuah desa adat Pemaksan bernuansa budaya Bali yang unik dan khas bernafaskan Katolik.

Di paroki ini terdapat kompleks pemakaman para uskup, para imam dan para bruder yang mengabdi di Keuskupan Denpasar. Sejak tahun 2000 Paroki Palasari memiliki sebuah Gua Maria yang dikenal dengan sebutan “Palinggih Dewi Kaniaka Maria” yang menjadi salah satu tempat wisata rohani di Pulau Bali bagi turis domestik maupun mancanegara.

Paroki Palasari bermula ketika tanggal 15 September 1940, bertepatan dengan perayaan Maria Pieta, Pater Simon Buis SVD memimpin 18 keluarga Katolik dari Paroki Tritunggal Mahakudus, Tuka dan 6 keluarga dari Paroki Santa Maria Ratu, Gumbrih eksodus ke Bali Barat yang kini dikenal dengan nama Desa Palasari.

Pater Simon Buis menjadi perintis berdirinya Paroki Palasari dan tinggal bersama para transmigran Palasari sampai tahun 1949. Kemudian Pater Blanken SVD meneruskan pembangunan gereja Palasari, dan gereja (gedung) tersebut diresmikan tanggal 13 Desember 1958 oleh Uskup Malang Mgr. Albers, O.Carm dengan nama pelindung Hati Kudus Yesus. Pada tahun 1992-1994 dilakukan renovasi fisik gereja dalam masa kepemimpinan Pastor Yosef Wora, SVD.

Source Sejarah Paroki Hati Kudus Yesus Palasari Bali Bali
Comments
Loading...