Sejarah Pabrik Teh Kertowono

0 110

Pabrik Teh Kertowono

Perkebunan Teh Kertowono berdiri sejak 1910. Komoditas awal perkebunan kopi dan kina. Kemudian era pemerintahan silih berganti kemudian tahun 1910 itu ditetapkan jadi kebun teh. Itu melalui beberapa tahapan.

Dari luar pabrik, arsitektur gedung pada bagian depan terlihat seperti tangga. Warna abu-abu dan coklat pada bagian bangunan memberikan kesan klasik. Ada sebuah saung berbentuk joglo dan sebuah tiang bendera di halaman depan.

Mesin-mesin di pabrik Perkebunan Teh Kertowono sudah berumur satu abad. Ada yang masih digunakan dan sudah tak bisa digunakan. Salah satunya seperti mesin dengan bagian atas seperti corong. Di bagian badan alatnya tertulis “Tidak Dipakai”. Menurutnya, pihak PTPN XII berencana untuk memuseumkan alat-alat pengolahan teh tersebut dan menjadikannya sebagai destinasi wisata. Namun, biaya menjadi masalah. Peralatan-peralatan di Pabrik Teh Kertowono sendiri didominasi warna hijau.

Kondisinya berdebu. Ukurannya tak main-main. Setiap alat pengolahan teh bisa menyentuh plafon bangunan. Perjalanan kami berlanjut ke bagian belakang pabrik. Di sebuah ruang dengan lantai tanah ada mesin-mesin tempat pembakaran kayu. Panas yang dihasilkan digunakan untuk mengeringkan daun-daun teh. Pekerja pabrik teh Kertowono di ruangan penghasil panas untuk pengeringan daun teh area PTPN XII. Pabrik teh Kertowono berdiri sejak tahun 1910.

Source https://travel.kompas.com https://travel.kompas.com/read/2017/05/22/220600427/menjelajah.pabrik.teh.kertowono.yang.berdiri.sejak.zaman.belanda
Comments
Loading...