Sejarah Pabrik Rokok BAT Cirebon

0 318

Lokasi Pabrik Rokok BAT Cirebon

Pabrik rokok ini terletak di Jalan Pasuketan No. 1 Kampung Kebumen, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejarah Pabrik Rokok BAT Cirebon

Awalnya gedung ini di miliki oleh perseroan yang di namakan dengan “Indo Egyptian Cigarettes Company”. Kemudian pada tahun 1923 perseroan ini bergabung. Dan sepenuhnya di miliki oleh British America Tobacco Company yang berkedudukan di London, Inggris.

Gedung British-American Tobacco (BAT) Cirebon yang umurnya cukup tua. Gedung ini berada di pojok perempatan, dan berseberangan dengan Bank Mandiri. Gedung BAT Cirebon sejak dahulu merupakan salah satu lokasi bangunan yang digunakan oleh produsen rokok putih terkemuka di dunia. Pabrik ini didirikan pada 1924 yang rancangan bangunannya dipercayakan kepada Biro Arsitek Fermond Ed Cuypers & Hulswit, dengan gaya art deco.

Gedung BAT Cirebon ini semula dimiliki oleh perusahaan rokok SS Michael. Kini, Gedung BAT Cirebon dimiliki oleh PT Bentoel International Investama (BINI). Kendati bangunan ini luas sekali, sejak gedung ini dibangun, nyaris tidak memiliki halaman. Secara umum, bangunan ini terdiri atas lobi, ruang kantor, pabrik dan saran penunjang, seperti mushala dan kantin. Gedung yang luas dan besar ini masih berdiri kokoh serta masih bisa disaksikan hingga sekarang. Bahkan, menjadi salah satu dari ikon yang ada di Kota Cirebon. Tidak bosan-bosannya orang yang melintas jalan ini akan terkagum-kagum terhadap bagunan ini.

Source Sejarah Pabrik Rokok BAT Cirebon Jawa Barat
Comments
Loading...