Sejarah Pabrik Gula Tanjung Tirto

0 120

Pabrik Gula Tanjung Tirto

Pabrik Gula Tanjung Tirto atau PG Tandjong Tirto adalah sebuah pabrik gula non aktif yang pernah berdiri di wilayah Jogja. Letak pabrik gula ini berada tak jauh dari komplek Candi Kalasan atau tepatnya berada di daerah Berbah Sleman. Pabrik gula ini juga sering disebut Pabrik Gula Kalasan.

Tak banyak catatan sejarah yang menceritakan riwayat pabrik gula ini. Pada zaman dahulu pabrik ini didirikan oleh Internationale Crediet en Handelsvereeninging Roteerdam pada tahun 1874. Perusahaan tersebut adalah sebuah perusahaan perbankan yang berdiri tahun 1863 dan berkedudukan di Rotterdam, Belanda.

Saat krisis Malaisse melanda pada tahun 1929, pabrik gula ini masih mampu bertahan dengan 7 pabrik gula lainnya diwilayah Jogjakarta, seperti: PG Kedaton Pleret, PG Medari, PG Cebongan, PG Beran, PG Gesikan, PG Gondang Lipuro, dan PG Padokan. Pada saat pendudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1942 pabrik ini sempat dikuasai tentara Jepang dan dialihfungsikan sebagai markas tentara mereka. Dan pada tahun 1949 saat agresi militer Belanda II, pabrik ini sempat dikuasai oleh gerilyawan tanah air. Sebagai strategi perang, bangunan utama pabrik dihancurkan oleh pejuang sebagai siasat perang agar tidak dimanfaatkan lagi oleh Belanda.

Kini yang tersisa dari Pabrik Gula Kalasan hanyalah beberapa bangunan gudang dan rumah administrateurnya saja. Bagian bekas bangunan pabrik sendiri kini telah dimanfaatkan sebagai gudang tembakau. Sedangkan beberapa bekas rumah administrateur telah dimanfaatkan sebagai sekolah, tempat tinggal, dan kantor polisi.

Source http://blusukanpabrikgula.blogspot.com http://blusukanpabrikgula.blogspot.com/2015/10/
Comments
Loading...