Sejarah Pabrik gula Redjosarie

0 35

Pabrik gula Redjosarie

Pabrik gula Redjosarie terletak di Desa Redjosarie Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan Karesidenan Madiun. Letak geografis pabrik gula Redjosarie di kaki gunung Lawu sebelah timur dengan ketinggian 117 m diatas permukaan laut. Tanahnya yang berbukit dan berbatu api hanya sangat cocok untuk tanaman tebu dan palawija.

Pabrik gula Redjosarie didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda kurang lebih pada tahun 1890 sesuai dengan surat ukur tanggal 10 Januari 1881 milik NILM (Nationality Industri dan Landbauw Maatschappy). Perusahaan tersebut sampai negara Republik Indonesia dan setelah adanya undang-undang tentang pemindahan hak milik perusahaan asing kepada pemerintah Repiblik Indonesia khususnya pabrik gula. Pada tanggal 27 Desember 1957 pengalihan alih dari pemerintah Belanda kepada pemerintah Republik Indonesia dilaksanakan tahun 1957-1960 pabrik gula berstatus perusahaan negara dikelola oleh pusat perkebunan(PPN) Baru Proe Unit Gula A Surabaya.

Tahun 1960-1968 pabrik gula berstatus perusahaan gula negara dan dikelola oleh pusat perkebunan negara (PPN) Kesatuan Jawa Timur I di Surabaya. Tahun 1963-1968 pabrik gula berstatus perusahaan gula negara dan dikelola oleh pusat perkebunan gula negara pabrik gula Redjosarie, pengelolanya dibawah pengawasan perusahaan perkebunan gula negara daerah Suspensi V di Surabaya yang bernaung dibawah Departemen Pertanian Republik Indonesia.

Tahun 1968- 1 Mei 1981 pabrik gula berstatus perusahaan negara dan dikelola oleh Direksi perusahaan negara perkebunan XX berkududukan di Jalan Merak No. 1 Surabaya. Pada tanggal 2 Mei 1981 sampai sekarang berstatus “PERSERO” dengan peraturan pemrintah No. 6 tahun 1972 dan peraturan pemerintah No. 43 tahun 1974 telah menyatakan “Perusahaan Negara Perkebunan XX” dan disingkat “PT. PERKEBUNAN XX (PERSERO) PG. REDJOSARIE”.

Pabrik gula Redjosarie dikelola oleh PT. Direksi Perkebunan XX (Persero) Jalan Merak No. 1 Surabaya. PT.PerkebunanXX.PG.RedjosarieKawedanan (Persero) bernaung dibawah Departemen Keuangan Republik Indonesia. Berdasarkan PP No.16 tanggal 14 Februari 1996 PTP XX dan PTP XXIV, XXV dileburkan secara hukum dan dibentuk badan usaha yang sama dengan nama PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero) sampai sekarang.

Source http://manistebuku.blogspot.com http://manistebuku.blogspot.com/2012/04/sejarah-singkat-pg-di-indonesia-part.html
Comments
Loading...