Sejarah Pabrik Gula Randugunting

0 197

Pabrik Gula Randugunting

Pabrik Gula Randugunting adalah sebuah pabrik gula non aktif yang pernah berdiri di wilayah Jogja. Sebenarnya komplek pabrik gula tersebut jika dilihat dari peta sekarang berada di dua wilayah, yakni Jogjakarta dan Kabupaten Klaten.

Tak banyak catatan sejarah yang menceritakan riwayat pabrik gula ini. Bahkan tahun pendirian pabrik gula inipun tak ada yang tahu secara pasti. Hanya foto-foto lawas peninggalan Belanda saja yang menjadi bukti keberadaan pabrik gula ini.

Pabrik gula yang terletak di sebelah utara komplek Candi Prambanan tersebut kini hanya menyisakan dudukan cerobongnya saja. Bangunan utama pabrik sendiri telah dihancurkan pada saat Agresi Militer Belanda II pada tahun 1948 hingga 1949 sebagai siasat perang agar tidak dimanfaatkan kembali oleh Belanda. Bangunan dudukan cerobong sendiri sebenarnya pernah beberapa kali dihancurkan oleh warga, namun karena tebalnya dinding dudukan cerobong upaya tersebut gagal dilakukan.

Pabrik Gula Randugunting diduga mulai mengalami decline saat terjadi krisis malaise pada tahun 1929. Kini bekas komplek Pabrik Gula Randugunting telah berubah menjadi kawasan pemukiman penduduk.

Source http://blusukanpabrikgula.blogspot.com http://blusukanpabrikgula.blogspot.com/2015/10/suiker-fabriek-pabrik-gularandugunting.html
Comments
Loading...