Sejarah Pabrik Gula Pagottan

0 96

Pabrik Gula Pagottan

Pagottan pertama kali didirikan pada tahun 1884 oleh NV COOY COOSTERN VAN VOORH dengan bentuk bangunan sederhana. Pada tahun 1905 diadakan perombakan bangunan dan penyempurnaan instalasi. Secara kronologis, sejarah perkembangan PG. Pagottan terdiri dari beberapa periode yang sering mengalami pergantian kepemilikan karena pada masa-masa perkembangan tersebut bangsa Indonesia masih dalam periode penjajahan Belanda, Jepang hingga akhirnya pabrik gula Pagottan menjadi BUMN Perusahaan Perseroan Terbatas. Dapat diuraikan sebagai berikut, tahun 1884 – 1941 PG. Pagottan didirikan oleh pemerintah Belanda dan termasuk dalam lingkup administratur NV COOY COOSTERN VOORHOUT.

Pada saat Belanda akan meninggalkan Indonesia ( 1942 – 1945 ) terutama orang Belanda yang bekerja di PG. Pagottan memberi kesempatan bagi rakyat sekitarnya untuk mengambil barang-barang milik pabrik. Denngan demikian menimbulkan kerusakan besar terhadap alat-alat produksi.

Karena banyak alat produksi yang hilang dan rusak maka Jepang yang menduduki PG. Pagottan ini tidak dapat mengunakan pabrik dengan sebagaimana mestinya. Kemudian oleh orang jepang PG. Pagottan diubah menjadi pabrik semen yang bahan bakunya dari batu gips yang terdapat di daerah Slahung Ponorogo.

Tahun 1945 – 1948 ( Masa Revolusi Fisik ). Pabrik gula Pagottan adalah salah satu pabrik gula yang ada di daerah tingkat II Madiun.

Adapun letaknya adalah :

Desa                            : Pagottan

Kecamatan                  : Geger

Kabupaten                   : Madiun

Provinsi                       : Jawa Timur

Pabrik gula Pagottan berada di ketinggian 94 meter dari permukaan air laut dan lokasinya cukup memenuhi syarat untuk sebuah pabrik karena terletak di tepi jalan yang dapat memudahkan pengangkutan bahan keperluan produksi ataupun hasil produksi. Selain itu juga bersebelahan dengan sungai dimana air sungai tersebut dipakai untuk keperluan pabrik yang terlebih dahulu dilakukan pembersihan pendahuluan.

Source http://manistebuku.blogspot.com http://manistebuku.blogspot.com/2012/04/sejarah-singkat-pg-di-indonesia-part-ii.html
Comments
Loading...