Sejarah Pabrik Gula Modjopanggoong

0 970

Lokasi Pabrik Gula Modjopanggoong

Pabrik Gula Modjopanggoong terletak di JL. Raya Kauman,Kecamatan: Kauman Kabupaten: Tulungagung Provinsi: Jawa Timur.

Sejarah Pabrik Gula Modjopanggoong

Tuan Danger adalah seorang Bangsa Belanda yang mempunyai gagasan untuk mendirikan sebuah Pabrik Gula. Demi mewujudkan angan-angannya ia merangkul seorang pribumi yang diyakini mengetahui dan mengerti syarat-prasarat untuk mendirikan pabrik, dan pribumi tersebut adalah Mbah Wongsodikromo. Hingga terjadi kesepakatan-kesepakatan dan terbentuknya ikatan batin kedua sosok yang berbeda bangsa tersebut.

Pada tahun 1852 bertempat di desa Sidorejo, Kauman, Kalangbret, Tulungagung berdirilah sebuah pabrik gula yang diberi nama Pabrik Gula Modjopanggoong. Tidak lama kemudian Pabrik Gula Modjopanggoong siap berproduksi. Sepeninggal Tuan Danger, kepemilikan Pabrik Gula Modjopanggoong diambil alih oleh nyonya Contring yang merupakan putri dari tuan Danger. Dengan berjalannya waktu akhirnya Pabrik Gula Modjopangoong diambil alih oleh NKRI pada masa setelah penjajahan.

Akan tetapi kebiasaan yang telah ada sejak awal berdirinya Pabrik Gula Modjopanggoong tersebut tetap dilaksanakan hingga sekarang. Tradisi tersebut adalah tradisi temanten tebu yang dilaksanakan setiap akan mulai masa giling. Pabrik Gula Modjopanggoong memiliki masa giling enam hingga delapan bulan dan masa istirahat sekitar empat bulan setiap tahunnya. Dalam kurun waktu empat bulan tersebut pihak Pabrik Gula Modjopanggoong biasa mengadakan serangkaian acara gebyar rakyat, salah satunya adalah tradisi manten tebu yang dilanjutkan dengan acara hiburan berupa kesenian-kesenian yang terdapat di Tulungagung.

Selain tradisi temanten tebu yang masih dilaksanakan hingga sekarang masih terdapat beberapa peninggalan Belanda berupa alat dan bangunan yang masih terawat dengan baik di dalam Pabrik Gula Modjopanggoong tersebut. Bangunan tersebut berupa rumah indis (rumah asli zaman kolonial).

Source Sejarah Pabrik Gula Modjopanggoong Jawa Timur
Comments
Loading...