Sejarah Pabrik Gula Medari

0 191

Pabrik Gula Medari

Lokasi PG Medari berjarak 11 km dari kota Yogyakarta. Memang agak jauh dari kota tapi hal ini wajar karena pada waktu itu, pabrik gula biasanya dibangun di dekat lokasi perkebunan tebu supaya biaya pengangkutan tebu mentah dapat ditekan serta untuk mengurangi dampak polusi yang dapat mencemari lingkungan sekitar.

Cukup sulit untuk mencari catatan sejarah tentang PG Medari, sehingga masih belum banyak yang bisa ditulis mengenai sejarah keberadaan pabrik gula ini ketika masih berdiri. Salah satu data yang dapat ditemukan adalah bahwa pabrik ini dahulu dimiliki oleh sindikat gula yang berkantor pusat di Surabaya, Koloniale Bank (L. F. Dingemans, 1925 ; 122).

Pada tahun 1930an, terjadi krisis ekonomi yang dikenal dengan krisis malaise. Meskipun terjadi krisis, pabrik ini masih tetap survive. Di masa penjajahan Jepang, pengelolaan pabrik ini diambil alih oleh Nanyo Kohatsu Kabusiki Kaisha. Nasib PG ini berakhir di masa agresi militer Belanda II, ketika bangunan pabrik dihancurkan oleh para pejuang hingga rata dengan tanah agar tidak dipakai lagi oleh Belanda.

Seperti yang diterangkan di atas,pabrik gula Medari sudah hilang sejak masa awal kemerdekaan, sehingga tidak ada lagi bangunan pabrik yang masih tersisa. Merujuk pada data peta lama dari tahun 1933, maka lokasi pabrik gula sekarang sudah menjadi pabrik tekstil GKBI. Barangkali Anda bisa membayangkan ketika parik gula Medari masih aktif dengan cerobongnya yang menjulang tinggi sambil melintas di jalan Magelang.

Di sebelah utara pabrik, terdapat emplasemen lori. Emplasemen lori dapat dibilang sebagai terminal lori tebu untuk membongkar tebu yang diambil dari perkebunan sekitar. Setelah tebu dibongkar, tebu dibawa masuk ke dalam pabrik untuk diolah.

Meskipun bangunan pabrik sudah lama hilang, ternyata beberapa bangunan pendukung pabrik ada yang masih berdiri, salah satunya yang masih dapat Anda lihat adalah bangunan bekas rumah dinas pegawai pabrik gula. Sebuah pabrik gula pasti memiliki kompleks rumah dinas yang ditata rapi dan dibangun dengan gaya arsitektur yang menarik.

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/history/menengok-jejak-pabrik-gula-medari-yogyakarta
Comments
Loading...