Sejarah Pabrik Gula Kalibagor Banyumas

0 1.115

Lokasi Pabrik Gula Kalibagor

Pabrik Gula Kalibagor terletak di Jalan Raya Kalibagor – Sokaraja, Sokaraja Kidul, Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Pabrik Gula Kalibagor

Pabrik Gula Kalibagor merupakan satu dari enam pabrik gula yang dibangun di wilayah Karesidenan Banyumas oleh pemerintah Belanda saat menjajah di Indonesia. Pada masa kejayaannya, hasil produksi gula dari pabrik ini di didistribusikan ke Eropa untuk memenuhi kebutuhan gula di benua tersebut. Namun hancurnya perekonomian Eropa pada waktu ini membuat sebagian besar pabrik gula di Jawa mengalami bangkrut dan salah satunya terjadi pada pabrik gula ini.

Lokasi Pabrik Gula Kalibagor berada di tepi jalan utama penghubung antara kota Purwokerto dengan kota karesidenan Banyumas Jawa Tengah. Pengguna kendaraan yang beberapakali lewat jalan tersebut pasti mengetahui keberadaan pabrik gula yang saat ini terlihat terbengkalai dan terkesan angker atau menakutkan ini.

Kondisi Pabrik Gula Kalibagor terlihat terbengkalai karena sudah tidak digunakan lagi untuk produksi gula sejak era kemerdekaan Republik Indonesia. Kepemilikan lahan pabrik gula diambil alih dan dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX. Namun PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX tutup ketika Indonesia dilandai krisis pada tahun 1997 dan sempat terjadi aksi penjarahan di dalam pabrik gula. Kemudian beberapa mesin, lokomotif dan lori diamankan serta diangkut ke pabrik gula yang lain. Saat ini kepemilikan lahan pabrik gula kono telah berpindah ke pihak swasta namun masih dibiarkan terlantar dan tidak terawat.

Revitalisasi Pabrik Gula Kalibagor

Cagar Budaya Pabrik Gula (PG) Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah akan dibangun kembali setelah dirobohkan oleh perusahaan pemilik tanah pada akhir April 2015 lalu. Pembangunan kembali PG Kalibagor terutama pada cerobong asap pabrik yang merupakan ikon pabrik gula. Sedangkan gudang pabrik serta bangunan lainnya masih belum dibicarakan. Sebelumnya, Pabrik Gula Kalibagor adalah milik PTPN IX, namun kemudian dilelang pada awal tahun 2000 dan menjadi milik perusahaan swasta.

Pabrik Gula Kalibagor sudah didaftarkan pada 2004 dengan menggunakan Undang-undang No 5 tahun 1992 tentang Pelestarian Cagar Budaya. Balai Pelestarian Cagar Budaya tengah meneliti desain konstruksi cerobong PG Kalibagor agar saat dibangun benar-benar sesuai dengan aslinya.

Source Pabrik Gula Kalibagor Banyumas Jawa Tengah
Comments
Loading...