Sejarah Pabrik Gula Kadipaten

0 113

Pabrik Gula Kadipaten

Pabrik Gula Kadipaten atau Suikerfabriek Kadhipaten didirikan pada tahun 1876 dan kemudian diperbesar pada tahun 1911. Pabrik Gula Kadipaten menjadi magnet berkembangnya kawasan Kadipaten sekarang. Sebelumnya ‘peran utama’ dikawasan ini berada di Karangsambung, terutama di penyebrangan Karangsambung (sekarang berada di Desa Karanganyar, pertemuan sungai Cimanuk dan Cilutung). Penyebrangan ini tidak hanya menghubungkan Jalan Raya Deandels lama (Rute Karangsambung-Ujungjaya-Conggeang-Sumedang) tetapi juga merupakan pelabuhan sungai Cimanuk untuk mengangkut hasil perkebunan kopi menuju Indramayu sebelum dikirim ke Batavia.

Pabrik Gula Kadipaten sama halnya dengan pabrik gula Jatiwangi memiliki pemukiman bagai pegawai belanda mereka atau yang biasa warga pribumi bilang pada saat itu dengan sebutan ‘Loji’. Untuk mengangkut tebu pabrik gula Kadipaten menggunakan kereta lori setelah menggantikan pedati dari perkebunan tebu. Jalur kereta lori kadipaten mencakup, Sukawera di Utara, Panyingkiran di Selatan, Balida di Timur dan Ujungjaya di Barat. Untuk menuju kawasan utara, bahkan sampai dibangun jembatan lori diatas sungai Cimanuk di kawasan Pakubeureum dan masih berdiri hingga saat ini.

Untuk mengangkut hasil pabrik gula dipergunakan pelabuhan Karangsambung dengan diangkut kapal melalui sungai Cimanuk, namun setelah dibangunnya jalur kereta api Cirebon-Kadipaten milik perusahaan swasta SCS, pengangkutan hasil pabrik beralih menggunakan kereta api menuju pelabuhan Cirebon, akses pengangkutan dengan kereta api dipermudah dengan adanya jalur cabang kereta api dari Stasiun KA Kadipaten masuk kedalam kompleks Pabrik Gula. Nasib pabrik gula Kadipaten sama dengan Pabrik Gula Jatiwangi, karena dianggap tidak menguntungkan pada awal tahun 2000-an Pabrik Gula yang sudah membesarkan nama ‘Kadipaten’ harus ditutup.

Source https://infomajalengka.wordpress.com https://infomajalengka.wordpress.com/2015/10/21/jejak-pabrik-gula-kolonial-belanda-di-majalengka/
Comments
Loading...