Sejarah Pabrik Gula Jatibarang Brebes

0 328

Lokasi Pabrik Gula Jatibarang

Pabrik gula (PG) Jatibarang adalah pabrik gula peninggalan Belanda di Hindia Belanda yang termasuk dalam komoditi yang diikutsertakan dalam program Cultuurstelsel. Pabrik Gula Jatibarang terletak di Jalan Raya Jatibarang – Slawi, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah Pabrik Gula Jatibarang

Dibangun pada tahun  1842 pabrik ini merupakan warisan dari jaman penjajahan kolonial Belanda, pabrik ini dibangun oleh NV Mij tot Exploitatie der Suiker Onderneming yang pada saat itu merupakan perusahaan Belanda yang bergerak dibidang Agricultural, baru pada tahun 1959 setelah Indonesia merdeka pabrik ini diambil alih oleh pemerintah melalui PP No. 24 tanggal 16 April 1959 dalam hal ini pemerintah mendelegasikan kewenangannya kepada Kementerian Pertanian pada saat itu, untuk menjadi landasan hukum penguasaan dan pengelolaan pabrik gula pemerintah melalui Mentan mengeluarkan SK No. 229/UM/57 sehingga pada tanggal 10 Desember 1957 Pusat Perkebunan Negara Baru. Baru pada tahun 1996 Pabrik gula Jatibarang dikelola oleh PTPN IX ( Persero ) sampai sekarang.
Pabrik Gula Jati Barang
Sebenarnya di daerah Brebes sendiri dahulu mempunyai 3 pabrik gula yaitu : Pabrik gula Banjaratma, Pabrik gula Kersana dan Pabrik gula Jatibarang, namun karena besarnya biaya operasional dan perawatan 3 pabrik gula tersebut di jadikan satu di Pabrik gula Jatibarang.

Bangunan Penting Pabrik Gula jatibarang

  • Besaran adalah sebutan dari masyarakat sekitar untuk bangunan khas Belanda yang dahulu digunakan sebagai kantor administrasi Kepala Pabrik, namun sekitar tahun 2009 kepala pabrik mengambil kebijakan untuk tidak menggunakannya lagi sebagai kantornya karena dirasa terlalu besar sehingga memakan biaya perawatan yang besar pula, namun demikian bukan berarti Besaran didiamkan begitu saja tanpa dimanfaatkan sama sekali, saat ini Besaran digunakan sebagai wahana wisata Kereta tebu dan Museum, dan juga untuk even hari-hari besar seperti 17 Agustus, Besaran digunakan untuk Upacara. Selain tempat upacara Besaran juga kerap digunakan sebagai tempat start karnaval 17 Agustusan yang digelar tiap tahun sekali.
  • Lapangan PG terletak kira-kira 200 meter ke arah timur dari pabrik gula, Lapangan ini dahulunya digunakan untuk tempat persinggahan tebu yang akan ditimbang dan dibawa ke pabrik untuk diolah, namun sekarang Lapangan PG lebih difungsikan untuk pusat perayaan panen tebu dan even-even yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta seperti konser dan pasar malam.
  • Kereta tebu pada massanya sangat berperan penting dalam proses produksi gula di pabrik, karena dengan memanfaatkan kereta ini yang jalur relnya membentang melintasi beberapa kecamatan di Brebes proses angkut Tebu dari sawah atau kebun tebu dapat dilakukan dengan efektif.
Source Pabri Gula Jatibarang Brebes Jawa Tengah
Comments
Loading...