Sejarah Pabrik Gula Gesikan

0 29

Pabrik Gula Gesikan

Pabrik Gula Gesikan adalah salah satu dari beberapa pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Bantul. Pabrik gula ini terletak tidak jauh dari Jalan Palbapang – Kulonprogo. Sedikit sekali referensi sejarah yang menggambarkan aktifitas pabrik gula ini dimasa lalu. Pada masanya PG Gesikan terhubung dengan jalur kereta api yang merupakan percabangan dari Halte Bajang. Seperti halnya pabrik gula lain, jalur kereta api tersebut berfungsi guna mendukung aktifitas pabrik gula.

Pada masa pendudukan Jepang tahun 1942 jalur kereta dari Palbapang hingga Sewugalur dicabut oleh tentara Dai Nipon untuk dipindah diwilayah lain. Alhasil jalur kereta percabangan dari Halte Bajang hingga PG Gesikanpun juga tak luput dari pembongkaran. Kini bekas-bekas jalur kereta tersebut sudah tak bersisa dan berubah menjadi jalan raya dan persawahan.

Bekas keberadaan Pabrik Gula Gesikan bisa dilihat dari peta peninggalan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Selain itu dibekas lokasi pabrik gula sendiri masih terdapat bekas bongkahan-bongkahan pondasi bangunan pabrik. Lokasi bekas PG Gesikan sekarang telah berubah menjadi lapangan.

Source http://blusukanpabrikgula.blogspot.com http://blusukanpabrikgula.blogspot.com/2017/07/pabrikgula-gesikan-pabrik-gula.html
Comments
Loading...