Sejarah Pabrik Gula Gending

0 85

Pabrik Gula Gending

Pabrik gula Gending berada di Desa Sebaung Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, adalah salah satu pabrik gula peninggalan jaman penjajahan Belanda. Didirikan pada + tahun 1830 oleh Pemerintahan Belanda dengan nama Cultur Bank Maatschappy.

Setelah Indonesia merdeka, pada tahun 1955 Cultur Bank Maatschappy diambil alih oleh bangsa Indonesia, dan pada tahun 1969 diganti dengan nama PNP. Penggantian nama ini sesuai dengan instruksi Presiden RI No 12 tahun 1967 mengenai penyederhanaan negara.

Berdasarkan peraturan pemerintah RI No. 15 tahun 1975 tentang pengalihan bentuk perusahaan Negara Perkebunan XXIV menjadi bentuk perseroan, maka pada bulan Juni 1975 pabrik ini telah bernaung di bawah PT Perkebunan XXIV – XXV (Persero) dengan kantor di Jl. Merak No. 1 Surabaya.

Pada tahun 1995 dalam rangka efisiensi BUMN PT Perkebunan kelompok Jawa Timur berubah menjadi PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero). Hal tersebut berdasarkan pada peraturan pemerintah RI No. 16 tanggal 14 Februari 1996 yaitu tentang peleburan perusahaan perseroan yaitu PT. Perkebunan XX (persero) dan PT. Pekebunan XXIV – XXV (persero) menjadi PT Perkebunan Nusantara XI (persero).

Source http://manistebuku.blogspot.com http://manistebuku.blogspot.com/2012/04/sejarah-singkat-pg-di-indonesia-part-i.html
Comments
Loading...