Sejarah Pabrik Gula Gedaren

0 21

Pabrik Gula Gedaren

Pabrik Gula Gedaren adalah salah satu Pabrik Gula yang pernah berdiri di Kabupaten Klaten. Lokasi pabrik gula ini sendiri tepatnya berada di Desa Krajan Kecamatan Jatinom. Letaknya yang berada di Desa Krajan inilah yang membuat pabrik gula ini juga dikenal dengan nama Pabrik Gula Krajan Rejo. Tak banyak catatan sejarah mengenai pabrik gula ini. Namun diperkirakan pabrik gula ini sudah berdiri di akhir abad 18.

Menurut informasi yang diperoleh dari sesepuh warga sekitar, Pabrik Gula Gedaren hancur pada saat perang revolusi tahun 1949 atau saat Agresi Militer Belanda II. Masyarakat sekitar mengenangnya dengan peristiwa “geger Londo”. Ditahun tersebutlah Pabrik Gula Gedaren di cacah atau dihancurkan oleh masyarakat sekitar. Akibatnya waktu itu banyak gula dan alat giling tebu yang berceceran dimana-mana. Upaya tersebut dilakukan agar bangunan pabrik gula tidak dimanfaatkan lagi oleh Belanda yang ingin menguasai kembali Bangsa Indonesia. Dahulu saat pabrik gula masih aktif memproduksi gula, sering diadakan acara Cembengan sebagai perayaan menyambut datangnya musim giling di lokasi Pabrik Gula Gedaren.

Lokasi Pabrik Gula Gedaren sekarang telah berubah menjadi pasar, Puskesmas dan Kawedanan Krajan. Kini bekas bangunan Pabrik Gula Gedaren memang sudah tak bersisa. Namun kenangan manis akan keberadaan pabrik gula tersebut masih tercatat kuat dalam ingatan sesepuh sekitar.

Source http://blusukanpabrikgula.blogspot.com http://blusukanpabrikgula.blogspot.com/2015/12/pabrik-gula-gedaren-krajan-rejo.html
Comments
Loading...