Sejarah Pabrik Gula Djatiroto

0 406

Pabrik Gula Djatiroto

PG. Djatiroto adalah salah salah satu pabrik gula yang berada dibawah naungan PT. Perkebunan Nusantara XI (Persero). Pada awalnya PG. Djatiroto didirikan pada tahun 1905 oleh perusahaan swasta milik Belanda yaitu HVA (Haandels Verenging Amsterdam). Pada masa itu Djatiroto masih berupa rawa-rawa dan hutan jati yang kemudian dijadikan perkebunan tebu dan pabrik gula serta perumaham karyawan.

Berdasarkan UU NO. 86/1958 yang menyatakan bahwa semua perusahaan milik Belanda diambil alih oleh pemerintah RI, maka pada tanggal 12 Desember 1957 PG. Djatiroto diambil alih oleh pemerintah RI yang tertuang dalam surat pemerintah militer NO SPPKM / D.16 / 12 / 1957 dan mulai saat itu termasuk dalam PPN Wilayah V.

Pada tahun 1961 dibentuk Badan Pemimpin Umum Perusahaan Negara Gula dan Karung Goni (BPU-PPN) yang merupakan peleburan dari PPN. Pada tanggal 13 April 1968 berdasarkan PP no 13 dan PP no 14 maka PPN gula diganti dengan nama menjadi Perusahaan Negara Perkebunan (PNP) dimana PG. Djatiroto dibawah PNP XXIV yang berkantor pusat di Surabaya. Tahun 1974 terjadi pengalihan bentuk perusahaan negara menjadi Perusahaan Perseroan (PERSERO). Setahun berikutmya yaitu tahun 1975 PG Djatiroto dibawah PTP XXIV dan PTP XXV dan kemudian pada tanggal 11 Maret 1996 digabung dengan PTP XX menjadi PTP Nusantara XI yang berkantor pusat di Surabaya.

PG. Djatiroto terletak ditepi jalan raya yang menghubungkan kota Probolinggo dengan Jember, berjarak ± 45 km dari Jember. PG Djatiroto masuk wilayah desa Kaliboto Lor kecamatan Jatiroto kabupaten Lumajang propinsi Jawa Timur.

Source http://manistebuku.blogspot.com http://manistebuku.blogspot.com/2012/04/sejarah-singkat-pg-di-indonesia-part-i.html
Comments
Loading...