Sejarah Pabrik Gula Cokrotulung

0 171

Pabrik Gula Cokrotulung

Pabrik Gula Cokrotulung adalah salah satu pabrik gula yang pernah dibangun diwilayah Kabupaten Klaten. Menurut sejarahnya, pabrik ini didirikan pada tahun 1840 oleh pemerintah Hindia Belanda. Lokasi pabrik gula sendiri berada di Kecamatan Tulung yang terkenal dengan sumber airnya yang melimpah. Masa kejayaan Pabrik Gula Cokrotulung berakhir pada tahun 1942 ketika pasukan Dai Nipon datang menjajah Indonesia. Dari sembilan pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Klaten, pabrik ini merupakan salah satu yang terbesar.

Jika dilihat dari peta lawas Pabrik Gula Cokrotulung, pabrik tersebut memiliki jalur lori (decauville) yang cukup panjang. Bahkan menurut beberapa referensi, panjang decauville yang dimiliki PG Cokrotulung mencapai 120 kilometer hingga Kecamatan Musuk Boyolali. Bangunan utama Pabrik Gula Cokrotulung kini sudah habis tak tersisa. Dibekas lokasi pabrik kini digunakan sebagai lokasi Pasar Cokro Kembang. Sedangkan untuk bangunan pendukung pabrik seperti rumah pegawai dahulu terbentang dari barat hingga utara yang kini menjadi Dusun Loji Anyar.

Source http://blusukanpabrikgula.blogspot.com http://blusukanpabrikgula.blogspot.com/2015/12/pabrik-gula-cokro-tulung.html
Comments
Loading...