Sejarah Pabrik Gula Beran

0 178

Pabrik Gula Beran

Sejarah mencatat belasan pabrik gula yang dibangun di sekitar Yogyakarta pada zaman Pemerintahan Belanda meskipun saat ini keberadaannya sudah tidak ada lagi. Sebagian besar pabrik-pabrik gula tersebut tutup sebelum zaman kemerdekaan akibat krisis ekonomi yang melanda Eropa dan sebagian kecil tutup beberapa tahun setelah Indonesia merdeka. Saat ini pun puing-puing atau sisa-sisa pabrik gula tersebut hampir tidak dikenali lagi.

Pabrik Gula Beran (PG Beran) merupakan salah satu dari belasan pabrik gula yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada akhir abad ke 19. Meski belum ditemukan bukti mengenai tanggal dimulainya pembangunan pabrik gula, ada sebuah bukti yang memperkuat argumen tersebut. Bukti tersebut adalah foto dokumentasi Pabrik Gula Beran yang diambil pada tahun 1890 dimana terdapat gambaran bahwa Pabrik Gula Beran telah selesai dibangun dan sedang beroperasi.

Latar belakang singkat diatas yang mendasari kami untuk mencoba mencaritahu keberadaan bekas Pabrik Gula Beran dan kaitannya dengan jalur kereta api yang melewati kawasan Beran. Informasi yang kami ketahui adalah posisi bekas Pabrik Gula Beran kira-kira berada di sebelah utara dari bekas Stasiun Beran yang dahulu pernah kami jelajahi.Langsung saja setelah melewati Jalan PJKA hingga tiba di bekas Stasiun Beran, kami berbelok menuju sebuah kawasan yang berada di sebelah utara Stasiun Beran.

Disebuah lapangan seluas satu kali lapangan sepakbola yang berada di area perkantoran pemerintahan kabupaten Sleman dimana terdapat Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Di sekeliling lapangan terdapat beberapa pohon beringin tua yang berukuran cukup besar.

Keberadaan pohon beringin tua pada area komplek perkantoran merupakan tanda bahwa kawasan tersebut telah ada sejak lama dan diperkirakan dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Bentuk bangunan perkantoran yang ada bila diamati merupakan bangunan beraksitektur Belanda dengan pintu dan jendela yang berukuran besar. Diperkirakan pada zaman dahulu merupakan bangunan perkantoran milik Belanda dan merupakan bagian dari pabrik gula. Tidak jauh dari lapangan dan gedung perkantoran tersebut terdapat rawa kecil yang sepertinya berfungsi untuk mensuplai kebutuhan air untuk pabrik.

Dengan bukti-bukti yang ada diatas, kami menyimpulkan sementara bahwa kawasan tersebut merupakan bekas Pabrik Gula Beran. Faktor lain yang memperkuat argumen kami adalah keberadaan jalur kereta api yang berada di sebelah selatannya untuk mempermudah distribusi hasil produksi gula menuju ke pelabuhan untuk dikirim ke Eropa. Beberapa arsip foto tentang Pabrik Gula Beran pernah ditemukan di kawasan bekas perkantoran pabrik gula dan saat ini disimpan di Kantor Arsip Daerah Sleman. Argumen ini bisa saja berubah bila ada bukti-bukti lain mengenai posisi pasti mengenai Pabrik Gula Beran karena hingga saat ini belum jelas informasi sejarah pabrik tersebut.

Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/pabrik-gula-beran-sleman.html
Comments
Loading...