Sejarah Negeri Kairatu Maluku

0 494

Sejarah Negeri Kairatu

Didasarkan penuturan masyarakat di negeri Kairatu,Hatusua, Iohia Tala, dan kaibobu maupun Hunitetu bahwa leluhur mereka adalah orang-orang yang berasal dari Nunusaku dan ketika leluhur mereka keluar meninggalkan Nunusaku mereka keluar menuju gunung yang bernama Tansaleku atau Gunung Halia.

Mereka mendiami tempat ini tidak terlalu lama, kemudian berpindah ke gunung Popota (Loleba Laki-laki atau popote adalah sejenis bamboo yang digunakan untuk cucu atap  yang kemudian dijadikan atap rumah dan dari tempat ini mereka menuju air Alatua atau tempat yang disebut Kalang latu (Kalang=Damar,dan Latu=Raja) dan kalang latu artinya terang raja lokasi ini kemudian dijadikan sebagai lokasi kediaman dari leluhur orang kairatu tempat ini sangat di keramatkan karena dianggap oleh orang Kairatu memiliki kesakralan.

Cara mereka datang ketempat ini melalui proses jalan kaki, karena leluhur orang kairatu hidup mereka berpindah-pindah tempat tinggal (nomaden). Mereka terdiri dari satu marga yakni marga Ruspanah atau bunga kayu pana sejenis bunga dari pohon langsat hutan yang bunganya berwarna merah. Mata rumah ini memiliki 4 (empat) anak laki-laki  yang bernama Baralatu, Senenusa(lihat pulau), Ririmori(Tiang Pamali), dan Souputi. Anak tertua merupakan pewaris matarumah.

Negeri kairatu terdiri dari 2(dua) suku kata yakni Kaiyang artinya dengan dan Ratuyang artinya Raja.Jadi Kairatu artinya “Dengan Raja”.Maknanya ketika masyrakat mendiami Negeri Kairatu berarti sudah dengan Rajanya.

Negeri Kairatu terbentuk melalui suatu proses sejarah yang cukup panjang menurut penuturan Raja Negeri Kairatu, setelah leluhur mereka keluar meninggalkan Nunusaku , mereka menjalani hidup berpindah-pindah, dan Negeri Kairatu yang mereka tempati sekarang merupakan negeri yang ke 15.

Source http://juliansoplanit.blogspot.co.id/ http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2014/05/sekilas-tentang-negeri-kairatu.html
Comments
Loading...