Sejarah Negeri Hatu Maluku

0 193

Sejarah Negeri Hatu

Negeri Hatu memiliki komunitas masyarakat yang majemuk. Sejarah mencatat bahwa asal mulanya kedatangan bangsa-bangsa di Negeri Hatu pertama kali oleh bangsa Alifuru yang terdiri atas empat marga, kemudian dikelompokan dalam suatu komunitas kecil yang dikenal dengan nama Soa Souhuat.

Selanjutnya datang lagi komunitas bangsa kedua yang disebut Soa Hatulessy, terdiri atas empat marga. Kemudian bangsa yang ke tiga dikenal dengan nama Soa Malupang hanya terdiri atas satu marga. Ke tiga kelompok soa ini hidup menempati tempat yang terpisah, masing-masing komunitas hidup dalam suatu persekutuan, dan tetap menjalin kebersamaan hidup yang baik diantara ketiga soa tersebut.

Membaca sejarah Negeri Hatu Katuru Henamantelu, maka kita akan menemukan berbagai kekayaan adat dan budaya di Indonesia. Kearifan adat dan budaya Negeri Hatu yang dilandasi dengan nilai-nilai kebersamaan telah menjadi ciri khas Negeri ini. Nilai-nilai ini seolah telah mengukuhkan esksistensi kerukunan dan kebersamaan dalam kehidupan social bermasyarakatnya dan menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam keseharian orang Hatu.

Source http://juliansoplanit.blogspot.co.id/ http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2012/07/negri-hatu.html
Comments
Loading...