situsbudaya.id

Sejarah Negeri Haruku Maluku

0 16

Sejarah Negeri Haruku

Pada mulanya negeri Haruku bernama Haru – Ukuy atau yang berasal dari sebutan orang Portugis saat akan menginjkan kaki di tanah Haruku. Haru – Ukuy berarti pucuk/ tunas baru. Hal ini terjadi saat para pelaut Portugis sedang mencari tempat untuk berlabuh. Mereka melihat sebuah daratan yang disana terdapat pohon yang baru tumbuh dan akhirnya menyebut Haru – Ukuy lalu seterusnya tempat itu dinamakan Haru – Ukuy.

Haruku adalah salah satu negeri yang berada di pulau Haruku, Maluku Tengah letak geografisnya di anatara pulau Ambon dan pulau Saparua. Haruku, seperti kebanyakan negeri – negeri yang berada di Maluku tengah juga memiliki nama Teong Negeri. Adapun nama Teong Negeri Haruku adalah, Pelasona Nanuroko yang terdiri dari tiga kata yang masing – masing memiliki makna sebagai berikut; Pela: persekutuan, Sona: taputar/ lingkaran dan Nanuroko: baranang lalu loko (berenang kemudian ambil).

Catatan sejarah negeri Haruku sampai saat ini masih sangat susah ditelusuri. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang terjadi. Beberapa faktor itu antara lain, dihancurkannya Rumah Raja dan Gereja negeri Haruku pada saat Penjajahan Jepang, yang menyebabkan banyak dari catatan sejarah peninggalan Belanda musnah terbakar. Hanya sebagian akta register yang dapat diselamatkan dan mencadi acuan bagi penelusuran sejarah. Acuan dari register pun hanya sampai pada tahun 1800an (catatan saya sendiri hanya sampai 1823).

Source http://juliansoplanit.blogspot.co.id/ http://juliansoplanit.blogspot.co.id/2012/01/negeri-haruku-pelasona-nanoroko.html
Comments
Loading...