Sejarah Museum Pusat Tni AD Dharma Wiratama Jogja

0 561

Lokasi Museum Pusat Tni AD Dharma Wiratama

Museum ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 75 Kelurahan Terban, Kecamatan Gondukusuman, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejarah Museum Pusat Tni AD Dharma Wiratama

Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama diresmikan oleh Kasad Jenderal TNI Poniman pada tanggal 30 Agustus 1982. Museum ini awalnya merupakan Markas Korem 072/Pamungkas Kodam VII Diponegoro yang diabadikan menjadi gedung Museum Pusat TNI AD, mempunyai riwayat yang cukup panjang sesuai dengan fungsi/pemakaiannya.

Koleksi yang digelar merupakan benda-benda bersejarah yang dipergunakan oleh para pejuang dan lascar-laskar rakyat dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan RI. Jumlah koleksinya 4.289 buah. Gedung Museum Pusat TNI AD Dharma Wiratama yang dibangun pemerintahan kolonial Belanda tahun 1904 dengan luas sekitar 1.564 m², pada mulanya dipergunakan sebagai rumah dinas pejabat administrasi perkebunan Belanda di Jawa Tengah dan DIY. Pada zaman Jepang tahun 1942, gedung ini disita dan dipergunakan sebagai Markas Tentara Jepang di Yogyakarta (Syudokan).

Setelah Indonesia Merdeka, gedung ini digunakan sebagai Markas Besar TKR (MBT). Di markas ini diselenggarakan Konferensi TKR pada 12 November 1945, yang berhasil memilih Pimpinan Tertinggi Angkatan Perang yaitu Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Koleksi Museum Dharma Wiratama

Di markas ini Panglima TKR mengendalikan komando ke seluruh wilayah tanah air Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan RI dan sebagai tempat Kepala Staf Letjen Urip Sumoharjo menyusun organisasi TKR yang selanjutnya berkembang menjadi TNI.

Gedung ini pernah digunakan sebagai Markas Korem 072/Pamungkas Kodam VII Diponegoro dan saksi sejarah kebiadaban G 30 S/PKI pada tahun 1965, yang melakukan penculikan terhadap Kepala Staf Korem 072/Pamungkas Kodam VII Diponegoro, Letkol Sugiyono dan akhirnya dibunuh secara kejam bersama dengan Danrem 072/Pamungkas Kodam VII Diponegoro, Kolonel Inf. Katamso Dharmokusumo, yang diculik dari rumah dinas oleh oknum Yon L Kentungan Yogyakarta.

Source Sejarah Museum Pusat Tni AD Dharma Wiratama Jogja Jogja
Comments
Loading...