Sejarah Museum Blambangan Banyuwangi

0 191

Museum Blambangan

Selain Museum Sukowidi, di Banyuwangi terdapat sebuah museum lain yang bernama Museum Blambangan. Museum ini terletak di Jalan A. Yani No. 78, Banyuwangi, berada satu kompleks dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Museum ini termasuk dalam museum umum, karena benda-benda koleksi yang berada didalamnya tidak hanya satu jenis saja.

Museum ini didirikan pada tanggal 25 Desember 1977 dan diresmikan oleh gubernur tingkat I Jawa Timur. Museum ini diberi nama Blambangan karena di masa lalu Blambangan adalah sebuah kerajaan yang cukup dikenal pada masa kerajaan Majapahit.

Awalnya, Museum Blambangan merupakan bangunan peninggalan Belanda yang sempat berfungsi sebagai kantor pembantu bupati atau kewedanaan. Sejak tahun 2003, bangunan kuno tersebut difungsikan sebagai museum. Setelah otonomi daerah pengelolaan museum dialihkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan sejak tanggal 2 Januari 2004 Museum Blambangan dipindahkan lokasinya di Lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Saat ini kondisi Museum Blambangan sangat memprihatinkan karena luas bangunan hanya 459 meter persegi dan kurang terawat. Hal ini tentu disayangkan mengingat pentingnya fungsi sebuah museum yang menyimpan benda-benda peninggalan masa lalu, sangat penting sebagai media pembelajaran bagi generasi selanjutnya.

Hingga saat ini koleksi Museum Blambangan mencapai lebih dari 500 koleksi benda bersejarah dan setiap bulannya rata-rata hanya dikunjungi belasan orang saja. Museum tersebut memiliki koleksi mulai era prasejarah, seperti era Megalitikum, masa klasik Hindu-Budha, masa Islam, kolonial, era kemerdekaan, dan pasca-kemerdekaan. Museum ini diberi nama blambangan karena konon dahulu bekas kerajaan blambangan yang cukup dikenal pada masa kerajaan Majapahit.

Source http://banyuwangi.club http://banyuwangi.club/museum-blambangan/
Comments
Loading...