Sejarah Masjid Kubro Kampar Timur Riau

0 220

Lokasi Masjid Kubro

Masjid Kubro terletak di Dusun Pd Merbau Barat Desa Koto Perambahan kecamatan kampar Timur Kabupaten Kampar, Riau.

Sejarah Masjid Kubro

Menurut datuk Somok yang merupakan Ninik Mamak di Koto Perembahan Kampar Timur yang telah berumur 94 tahun, Istana Kerajaan telah dibongkar pada tahun 70an, dan dilokasi kerajaan terdahulu kini dibangun sebuah Sekolah Dasar. Datuk Somok menceritakan Istana tersebut berbentuk rumah lontiok yang ukuran nya besar dengan tiang-tiang yang besar, di dalam istana tersebut banyak tersimpan keris, tombak, meriam, lelo, pedang, peti dll.

Namun ketika istana itu di robohkan barang tersebut ikut raib, catatan – catatan manuskrip juga tidak ada di temukan lagi dan satu-satunya  yang tersisa dan disimpan dengan baik yaitu cap /stempel sultan yang di pegang oleh turun – temurun oleh pemangku dan disimpan di rumah siampu atau rumah suku.

Selain stempel,kiranya bukti lain yang merupakan peninggalan Sultan malaka adalah sebuah mesjid, mesjid yang terletak di Dusun Pd Merbau Barat Desa Koto Perambahan kecamatan kampar Timur Kabupaten Kampar ini dinamakan Mesjid Kubro.

Menurut cerita Ninik mamak dan Masyarakat di Desa Koto Perambahan secara turun temurun masjid ini dibangun pada masa Sultan Mahmud raja dari malaka, masjid ini telah direnovasi berulang-ulang kali dengan tanpa merubah wujud asli dari masjid tersebut.

Source http://www.riaudailyphoto.com http://www.riaudailyphoto.com/2012/08/mesjid-kubro-kampar-timur-peninggalan.html
Comments
Loading...