Sejarah Masjid Traji Temanggung

0 22

Masjid Traji

Meski tidak jelas kapan berdirinya, masyarakat Temanggung Jawa Tengah percaya masjid tersebut peninggalan Walisongo. Tak heran mereka tidak berani membongkar atau merenovasi untuk mempertahankan keasliannya.

Masjid Traji, sebuah masjid tua yang berada di dusun Traji Desa Gentan Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung merupakan salah satu masjid tertua. Anehnya tak satupun warga yang tinggal di daerah tersebut mengetahui sejarah berdirinya masjid itu.

Warga setempat meyakini masjid Traju dibangun seorang wali karena kondisi bangunan tersebut menunjukkan ciri-ciri bangunan masa lampau misalnya pemakaian jumlah pilar yang banyak serta bangunan yang tidak menjulang tinggi layaknya banguan masa kini.

Menurut sesepuh desa, Sunoto, Masjid Traju ditemukan seorang pendiri Dusun Traju yang bernama Kiai Jenggot pada 1859. Saat itu masjid sudah berdiri megah diantara semak belukar di sebuah pegunungan.

Keunikan masjid itu adalah bedug yang diyakini jika dipukul, suaranya menggema hingga ke masjid di Demak. Warga menyimpulkan masjid ini masih berkaitan dengan Masjid Agung Demak, yang juga merupakan peninggalan Walisongo.

Selain bentuk bangunan yang unik di pelataran depan masjid ini juga terdapat batu berisi air. Warga mempercayai tempat tersebut digunakan utnuk mensucikan diri.

Air yang terdapat di batu tersebut berasal dari sumur yang ada di bawahnya. Dan air tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan mendatangkan berkah.

Meski tak mengetahui asal usul dan siapa pendiri masjid tersebut warga Traju merawat bangunan masjid tersebut sehingga masih terawat dan apik.

Source https://www.beritasatu.co https://www.beritasatu.com/destinasi/61656-masjid-traji-di-temanggung-diyakini-peninggalan-walisongo.html
Comments
Loading...