Sejarah Masjid Sabilil Huda Boki Owutango Gorontalo

0 209

Masjid Sabilil Huda Boki Owutango

Masjid Sabilil Huda Boki Owutango adalah masjid tua yang terletak di Kelurahan Tamalate, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Dilihat dari sisi konstruksi bangunan, sekilas tampak sederhana. Namun dibalik kesederhanaan tersebut, masjid ini memiliki nilai historis yang sangat tinggi. Disamping memiliki keterkaitan sejarah daerah Gorontalo, masjid yang sudah berusia 490 tahun ini menjadi pelopor syiar islam di Gorontalo.

Dibangun tepat pada bulan Syawal 946 Hijriyah atau 1525 Masehi oleh Boki Owutango, putri dari Raja Palasa (Raja Tomini). Pada awal pendirian masjid ini hanya berukuran 7 x 7 meter dan telah mengalami lima kali renovasi, yakni di tahun 1706, 1788, 1834, 1902 dan tahun 1936. Di era kolonial belanda masjid dibuat secara permanen menggunakan beton. Renovasi dilakukan hanya untuk memperluas bangunan masjid, tanpa merubah keaslian dari masjid.

Beberapa peninggalan Putri Boki Owutango masih tersimpan di masjid ini, diantaranya tombak kerajaan. Tombak tersebut digunakan pada hari lebaran idul fitri untuk.mengawal petinggi negeri. Pada era 1570-an, Masjid Boki Owutango juga disebut dengan nama Tihi Lo Lipu (Masjid Negeri), sebab pada saat itu Masjid Boki Owutango menjadi pusat pemerintahan.

Source http://ingorontalo.tumblr.com http://ingorontalo.tumblr.com/search/bangunan+sejarah
Comments
Loading...