Sejarah Masjid Raya Alkasiah Karawang

0 62

Lokasi Masjid Raya Alkasiah

Masjid Raya Alkasiah terletak di Jl. Raya Klari, Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41371.

Sejarah Masjid Raya Alkasiah

Masjid Al-Khasiah Klari adalah masjid keluarga, didirikan dengan dana yang dihimpun oleh ahli waris Keluarga S. Wongsoredjo, diprakarsai oleh Alm. Soekandar Wignjosoebroto (wafat 1988), putra sulung S. Wongsoredjo, sedangkan pembangunan masjid dikerjakan oleh alm. Drs. Moh Sisman (wafat 2005), putra bungsu S. Wongsoredjo. Semasa hidupnya, S. Wongsoredjo (wafat 1948) bertugas sebagai kepala stasiun kereta api Klari. Nama masjid diambil dari nama isteri S. Wongsoredjo (Kasiah), suatu nama yang tersebut juga dalam al-Quran.

Sebagaimana disebutkan di prasasti pembangunan masjid yang dipasang di tembok sisi depan masjid, Masjid Raya Al-Kasiah diresmikan pada tanggal 20 September 1998, oleh Drs. H. Mohammad Sisman bin Wongsoredjo. Semoga rahmat Allah senantiasa berlimpah bagi keluarga besar Wongsoredjo, sebagaimana janji Allah SWT “Siapa yang membangun masjid di dunia, maka Allah akan membuatkan rumah baginya di Akherat”.

Di sebelah barat masjid terdapat komplek pemakaman keluarga yang diperuntukkan khusus bagi keluaga Wongsoredjo. Keluarga yang membangun masjid raya ini. Komplek pemakaman ini cukup luas untuk ukuran pemakaman keluarga. Lengkap dengan papan nama berukuran besar di pintu utama pemakaman yang menghadap ke areal parkir di sisi barat bangunan masjid.

Source http://bujanglanang.blogspot.co.id/ http://bujanglanang.blogspot.co.id/2011/04/masjid-raya-al-kasiah-klari-karawang.html
Comments
Loading...