Sejarah Masjid Qubbatul Islam Mataram

0 440

Lokasi Masjid Qubbatul Islam

Masjid ini terletak di Jalan Ade Irma Suryani, Lingkungan Karang Taliwang, Kelurahan Karang Taliwang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sejarah Masjid Qubbatul Islam

Keberadaan masjid qubbatul islam ini tidak terlepas dari sejarah berdirinya Karang Taliwang itu sendiri. Dikisahkan bahwa antara abad 17 hingga abad 18 terjadi perseteruan antara Kerajaan Karangasem (Bali) dengan Kerajaan Selaparang (Lombok). Perseteruan itu semakin menjadi akibat melarikan dirinya putra mahkota Kerajaan Karangasem ke Selaparang setelah dituduh melakukan pelanggaran adat, dan bergabungnya Arya Banjar Getas ke Kerajaan Karangasem lantaran istrinya mau dinikahi oleh Raja Selaparang. Intrik-instrik tersebut menyebabkan terjadinya perang terbuka antara Kerajaan Karangasem dan Kerajaan Selaparang.

Pada masa itu pasukan Kerajaan Taliwang didatangkan ke Lombok untuk membantu Kerajaan Selaparang yang mendapat serangan dari Kerajaan Karangasem Bali. Dalam sejumlah literatur disebutkan bahwa Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Taliwang memiliki satu garis keturunan dengan Kerajaan Banjar di Kalimantan.

Setelah Kerajaan Selaparang bisa dikalahkan oleh Kerajaan Karangasem pada tahun 1692 maka tamatlah riwayat Kerajaan Selaparang atas daerah kekuasaannya. Meski demikian, Kerajaan Karangasem tidak serta merta juga mengusir orang Islam yang telah bermukim di Karang Taliwang, baik dari Kerajaan Selaparang maupun Kerajaan Taliwang. Ikatan tali sejarah yang erat antara Puri Karangasem di Bali yang telah lama hidup berdampingan secara rukun dengan umat Hindu, diadopsi oleh Kerajaan Karangasem untuk membina hubungan baik dengan umat Islam di Lombok.

Selain membangun Pura Meru (1720), Taman Narmada (1927), dan Taman Mayura (1744) di Cakranegara, Raja Anak Agung Gde Ngurah Karangasem juga sangat memperhatikan kehidupan umat Islam di bawah kekuasaannya. Salah satunya dengan cara membangunkan sebuah masjid yang akan digunakan sebagai tempat peribadatan umat Islam. Maka dibangunlan masjid di Karang Taliwang dengan nama Masjid Qubbatul Islam. Qubbatul Islam bila dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia berarti Kubah Islam. Kubah merupakan atap yang melengkung, yang berfungsi untuk menaungi, sedangkan Islam menunjuk kepada umat yang melakukan shalat di bawah kubah yang menaunginya tersebut.

Masjid ini diperkirakan didirikan pada tahun 1750, namun kemudian direnovasi oleh Belanda atas permintaan Raja Anak Agung Gde Ngurah Karangasem ketika masih berkuasa. Setelah direnovasi, masjid ini terlihat lebih tinggi dari sebelumnya. Jendela-jendelanya pun lebar-lebar. Bangunan utamanya ditopang oleh 4 tiang (soko). Di atas mihrab, atapnya berbentuk kubah, sedangkan bangunan utamanya beratapkan tumpang satu. Masjid Qubbatul Islam ini merupakan masjid lawas yang memiliki sejarah panjang. Umur masjid ini hampir bersamaan dengan berdirinya daerah Karang Taliwang itu sendiri.

Source Sejarah Masjid Qubbatul Islam Mataram NTB
Comments
Loading...