Sejarah Masjid kuno Al Ula

0 16

Masjid kuno Al Ula

Masjid kuno Al Ula ada di perkampungan tua Kampung Baru. Tempat ibadah umat Islam ini adalah saksi sejarah perkembangan kampung bernama Bilipapan yang menjelma sebagai kota paling maju di Kalimantan. Masjid ini berlokasi di Jalan Letjen Suprapto RT 15 No 1 Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat. Berada di kawasan pemukiman yang didiami mayoritas warga Bugis – Makassar.

Beberapa buku mengenai sejarah Balikpapan menyebut masjid ini sebagai tonggak sejarah penyebaran agama Islam di Balikpapan. Seperti namanya, “Al Ula” berarti pertama atau awal. Ia merupakan bangunan pertama tempat ibadah umat Islam di Balikpapan.

Masjid ini berdiri pada masa pemerintah kolonial Belanda. Tidak ada catatan pasti, namun banyak yang menyebut pada sejak 1890-an, masjid ini telah ada. Awalnya hanya sebuah surau atau mushola dengan dinding dan lantai papan kayu beratap sirap.

Pada abad 18, Kampung Baru adalah tempat singgah saudagar asal Sulawesi Selatan, Banjarmasin, Penajam dan Jenebora. Mereka berdagang berbagai keperluan masyarakat, di samping syiar agama Islam di bumi Borneo. Bahkan pada saat pembangunan kilang minyak pertama kali, Belanda menempatkan para pekerja dari China dan Pulau Jawa di kawasan ini.

Sebelum berdiri megah seperti saat ini, Masjid Jami’ Al Ula mengalami beberapa kali renovasi, termasuk ketika Jepang menjatuhkan bom di daerah ini ketika perang melawan sekutu pada 1945. Tempat ibadah ini berulangkali selamat dari bencana kebakaran yang kerap kali mengepung Balikpapan Barat.

Source http://godiscover.co.id http://godiscover.co.id/index.php/2016/03/24/5-wisata-religi-di-balikpapan/
Comments
Loading...