Sejarah Masjid Jami’ Al-Ikhsaniyah Jambi

0 354

Lokasi Masjid Jami’ Al-Ikhsaniyah

Masjid Jami’ Al-Ikhsaniyah terletak di Jalan KH. Ibrahim, RT 05, Kelurahan Olak Kemang, Kecamatan Danau Teluk, Kota Jambi, Propinsi Jambi, Indonesia.

Sejarah Masjid Jami’ Al-Ikhsaniyah

Masjid Jami’ Al-Ikhsanitah ini didirikan pada tahun 1880 oleh Sayyid Idrus bin Hasan Al-Jufri. Sayyid Idrus, seorang tokoh penyebar Islam di Jambi dengan gelar Pangeran Wiro Kusumo, beliau merupakan seorang ulama keturunan Yaman. Masjid Batu ini didirikan Sayyid Idrus untuk memenuhi fungsi tempat ibadah bagi masyarakat seberang kota Jambi. Masyarakat kota Jambi waktu itu yang sudah fanatik keislamannya memanfaatkannya sebagai tempat ibadah dan kegiatan sosial lainnya.

Habib Idrus bin Hasan Al Jufri wafat tahun 1902 dan dimakamkan di depan masjid Ikhsaniyah yang didirikannya. Kini sekali dalam setahun keluarga besar beliau menyelenggarakan peringatan wafatnya Habib Idrus bin Hasan Al Jufriyang dipusatkan di masjid ini. peringatan tersebut di agendakan sekali dalam setahun, oleh pihak keluarga dan masyarakat muslim Sekoja (seberang kota Jambi) sebagai bentuk penghormatan atas jasa jasa beliau. Peringatan tersebut setiap tahun turut juga dihadiri oleh tokoh agama, alim ulama, cendikiawan, gubernur dan undangan lainnya.

Bangunan Masjid Jami’ Al-Ikhsaniyah

Bangunan dalam Masjid dipenuhi dengan hiasan kaligrafi berbagai rupa. Mimbar asli berdiri anggun di sisi kanan mihrab. Sementara beduk peninggalan terdahulu berada di bagian belakang ruang salat. Ciri mencolok dari Mesjid ini adalah banyaknya jendela. Jendela-jendela yang dipasang berpasangan itu mengelilingi Masjid. Hanya tembok mihrab yang tak berjendela.

Hingga kini, kebisaaan dan adat istiadat yang dilakukan Pangeran Wiro Kusumo semasa hidup masih dilakukan keturunan dan pengikutnya. Salah satunya adalah menyantap makan dalam tempeh (wadah besar) ramai-ramai. Tradisi seperti itu memang merupakan salah satu tradisi para ulama yang berasal dari Yaman yang kemudian berkembang di tanah air.

Source http://bujangmasjid.blogspot.co.id/ http://bujangmasjid.blogspot.co.id/2012/05/masjid-batu-al-ikhsaniyah-masjid-tertua.html
Comments
Loading...