Sejarah Masjid Agung Sampang

0 213

Masjid Agung Sampang

Masjid agung kota sampang merupakan sebuah masjid yang berada di tengah-tengah kota sampan yang tepatnya di jalan Pahlawan Sampang. Masjid Agung Sampang tentu menjadi simbol kebanggan bagi seluruh penduduk Kabupaten Sampang. Masjid yang memiliki kubah dengan ukuran besar tepat di sebelah tengah dan menara yang menjulang tinggi, menjadi salah satu tempat aktivitas keagamaan di kota Sampang. Masjid ini juga dapat menampung jama’ah hingga 10.000 orang.

Berada di tengah kota menjadikan masjid ini mudah dikunjungi oleh para wisatawan. Beberapa hal yang dapat membuat pengunjung takjub yaitu sebuah kubah berwarna hijau tua besar yang memiliki diameter 10meter yang dapat menjadi pusat perhatian para pengunjung yang melihatnya.

Desain depan masjid pun sangat sederhana dengan warna dominan putih. Sedangkan untuk pintu utamanya sebagai pintu masuk ruang utama terlihat sangat mempesona yang tebuat dari bahan kayu jati asli yang diukir sangat indah. Kesan tradisional tampak dari pintu dan jendela dari bahan kayu jati yang diukir terlihat menawan saat memasuki ruangan utama. Konsep ruangan tanpa tiang penyangga serta plafon yang telah menjulang tinggi juga mengikuti bentuk dari kubah utamanya yang dibiarkan polos. Hal ini menampilkan konstruksi besi sehingga terlihat modern. Inilah perpaduan yang kontras dan sangat bagus terlihat.

Bagian mihrab masjid menciptakan kesan megah karena penggunaan relief dengan bentuk tiang dari bahan batu alam serta adanya lukisan kaligrafi. Pemilihan warna cat krem muda di bagian dinding depan akan menghasilkan sebuah kemegahan sehingga tampil menawan saat dipandang.

Bagian luar dinding juga berpola ceruk terbuka. Dengan bagian bawah bangunan yang terlihat lowong tanpa adanya dinding pembatas serta menembus di ruang interior masjid. Hal tersebut menghasilkan penempatan ruang balkon yang mengelilingi ruangan masjid utama yang dibatasi dengan dinding dan juga pintu.

Hingga saat ini tidak ada yang bisa memastikan kapan Masjid Agung Sampang ini didirikan. Namun menurut beberapa sumber menyatakan bahwa pada tahun 1977 sempat ditemukan angka 1821 di salah satu sisi bangunan masjid. Darisana lah akhirnya bisa disimpulkan bahwa Masjid Agung Sampang ini dibangun pada tahun 1821 dengan nama Masjid Jami.

Source http://plat-m.com http://plat-m.com/wisata-religi-kota-sampang/
Comments
Loading...