Sejarah Makam G.B.R.Ay. Maduretno Magetan

0 100

Makam G.B.R.Ay. Maduretno

Makam G.B.R.Ay. Maduretno terlatak di Puncak Gunung Bancak, Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan. Makam G.B.R.Ay. Maduretno ini lebih dikenal masyarakat sekitar sebagai Sarean Ratu. Pada pesarean ini terdapat dua makam utama yakni makam G.B.R.Ay. Maduretno dan K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III. Makam utama terletak di dalam sebuah bangunan berbentuk rumah. Di muka bangunan rumah tersebut terdapat dua buah pohon yang seakan-akan menjadi gerbang masuk menuju bangunan utama. Di bawah salah satu pohon tersebut terdapat arca dwarapala. Fungsi arca dwarapala adalah menjaga gerbang masuk suatu tempat suci atau tempat penting. Dwarapala digambarkan dalam posisi jongkok bersiaga. Salah satu tangannya memegang senjata gada. Gada dianggap sebagai salah satu atribut atau simbol penghancur kegelapan yang mengancam.

K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III adalah Adipati Maospati Madiun ke III, sedangkan G.B.R.Ay. Maduretno adalah Putri Hamengku Buwono II dan merupakan permaisuri K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III. K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III dihukum mati sebagai pemberontak melawan penjajahan Belanda dan dimakamkan di makam pemberontak Banyu Sumurup tahun 1810. Pada tahun 1957, K.P.A.H. Ronggo Prawirodirdjo III dinyatakan sebagai pejuang perintis perlawanan terhadap kolonialis Belanda oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan dimakamkan kembali di Gunung Bancak Desa Giripurno yang merupakan makam G.B.R.Ay. Maduretno.

Source https://bentengmagetan.files.wordpress.com/ https://bentengmagetan.wordpress.com/2013/06/09/makam-g-b-r-ay-maduretno/
Comments
Loading...