Sejarah MA Negeri 1 Sumedang

0 106

MA Negeri 1 Sumedang

MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 1 Sumedang merupakan sebuah institusi pendidikan jenjang tingkat atas yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Lokasinya di Kecamatan Cimalaka, di pinggir jalan raya Cimalaka-Tanjungkerta. Perjalanan panjang sekolah ini dimulai dari berdirinya (Pendidikan Guru Agama Negeri) PGAN Sumedang di Cimalaka pada tahun 1967. Sebelum menjadi PGAN namanya adalah PGA Muhammadiyah keempat Sumedang yang berdiri pada tahun 1953.

Pada tahun 1953 di Sumedang berdiri lembaga pendidikan PGA (Pendidikan Guru Agama) Muhammadiyah 4th. Sekolah ini tidak memiliki tempat yang tetap, tapi tempat berpindah-pindah. Pada awal berdirinya menumpang tempat di SGB I. Kemudian pada tahun 1955 pindah ke SGB IV (SMUN 1 Sumedang sekarang) dan pada tahun 1963 pindah lagi ke Madrasah Islam atau MIS (SLTP NU sekarang).

Pada tanggal 25 September 1967 PGA Muhammadiyah 4th Sumedang dijadikan lembaga pendidikan PGA Negeri melalui Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 114/1967. Sehingga sejak itu PGA Muhammadiyah 4th berubah status dan nama menjadi PGAN 4th Sumedang. Tempatnya pindah lagi ke SGB IV (SMAN 1 Sumedang sekarang). Pada tahun 1970, ada perubahan nama dari PGAN 4th Sumedang menjadi PGAN 6th Sumedang berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor: 75/1970 tertanggal 25 Mei 1970. Lokasinya pindah lagi ke STMN (SMKN 1 sekarang) dari tahun 1971 s.d. 1973.

Setelah berpindah-pindah, akhirnya pada tahun 1974 di bawah kepemimpinan Bapak Ahmad, BA PGAN 6th Sumedang memiliki bangunan sendiri yang berlokasi di Kecamatan Cimalaka, di atas tanah Pemda Kabupaten Sumedang, yang berstatus hak guna pakai. Pada tahun 1978, terjadi perubahan nama kembali menjadi PGAN Sumedang berdasar SK Menteri Agama RI Nomor: 48/1978 tertanggal 8 Juni 1978. Setelah menjadi PGAN Sumedang jenjang pendidikannya menjadi 3 tahun dan setingkat dengan SMTA (SPG) serta menerima siswa lulusan SLTP dan yang sederajat (SMP, ST dan MTs).

Dan terakhir, pada tahun 1990, PGAN Sumedang berubah statusnya menjadi MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 1 Sumedang dengan berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor: 64/1990 tertanggal 25 April 1990. Dengan demikian siswa PGAN Sumedang harus berakhir pada tahun 1992.

Sebagai lembaga pendidikan (sekolah) yang sederajat dengan SMA/SMK, MAN 1 Sumedang menerima siswa lulusan SMP dan sederajat untuk dididik menjadi lulusan sekolah tingkat atas (setingkat SMA/SMK). Karena berada di bawah naungan Kementerian Agama, lembaga pendidikan ini memiliki ciri khas keagamaan yaitu agama Islam, yang berfungsi sebagai wadah pencetak generasi muda yang cerdas, bertaqwa dan berakhlak mulia, serta memiliki keterampilan di bidang Agama dan IPTEK. Dalam menjalankan kegiatannya, MAN 1 Sumedang memiliki empat program studi atau jurusan yang bisa dipilih oleh peserta didik yaitu Program Studi Bahasa, Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Keagamaan.

Selain kegiatan intrakurikuler, ada juga kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga dan seni. Kegiatan ekstrakurikuler olahraga yang ada di MAN 1 Sumedang diantaranya adalah Sepak Bola, Bola Voli, Bola Basket, Tenis Meja, Tapak Suci, Bulu Tangkis dan Catur, serta kegiatan seni seperti keterampilan Puisi, Nasyid, Kaligrafi, Teater dan Qasidah. Sementara Organisasi siswanya: OSIS, PMR, Pramuka, Paskibra, PKS dan DKM.

Bagi siswa yang berprestasi, MAN 1 Sumedang juga menyediakan berbagai jenis beasiswa yang berasal dari lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

Source http://sumedangtandang.com http://sumedangtandang.com/direktori/detail/man-madrasah-aliyah-negeri-1-sumedang.htm
Comments
Loading...