Sejarah Lonceng dan Gedung tua Dinas Pendidikan Parepare

0 46

Sejarah Lonceng dan Gedung tua Dinas Pendidikan Parepare

Ditengah modernisasi teknologi elektronik, siapa sangka sebuah bel atau lonceng yang terbuat dari baja, bekas veleg mobil antik ini masih digunakan hingga kini. Bel bersejarah ini tergantung kokoh di lingkungan kantor Dinas Pendidikan Kota Parepare, Jalan Pettana Rajeng.

Bel ini sudah ada sejak jaman didirikannya bangunan tersebut, atau sekitar puluhan tahun silam, pasca proklamasi. Saat itu bangunannya difungsikan sebagai tempat belajar para siswa etnis Jepang, Cina dan warga pribumi sendiri.

“Tepatnya antara ditahun 50-an, lonceng ini sekarang digunakan sebagai tanda jam istirahat pegawai,” tutur Acsharuddin, staf Dikantor Dinas Pendidikan Parepare, Minggu, 29 Januari 2017.

Rencana pergantian bel itu diakuinya sudah beberapa kali diusulkan, namun beberapa pihak menolak karena mengandung nilai sejarah.

“Sudah ada banyak Kepala Dinas yang ingin mengadakan bel lebih modern, namun banyak yang menolak,” katanya.

Dia mengatakan, bangunan dan bel tersebut memang selama ini dijaga dan dirawat dengan baik tanpa menghilangkan nilai-nilai sejarah didalamnya.

“Masyarakat sekitar dan pemerintah daerah memang sangat menjaga kelestarian benda yang bernilai sejarah ditempat ini,” katanya.

Bel bersejarah dan ‎bangunan itu pun kini resmi dijadikan sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Parepare. “Sudah dijadikan sebagai cagar budaya,” tutupnya.

Source https://makassar.terkini.id https://makassar.terkini.id/sejarah-lonceng-dan-gedung-tua-dinas-pendidikan-parepare/
Comments
Loading...