Sejarah Lembangsche Melkerij Ursone (Peternakan Ursone) Bandung

0 351

Lokasi Lembangsche Melkerij Ursone (Peternakan Ursone)

Lembangsche Melkerij Ursone (Peternakan Ursone) terletak di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Sejarah Lembangsche Melkerij Ursone (Peternakan Ursone)

Keluarga Ursone adalah satu-satunya keluarga berkebangsaan Italia pertama yang menetap di tanah Priangan pada tahun 1880. Keluarga Ursone terdiri dari empat orang bersaudara yang pergi merantau ke Hindia Belanda dan kemudian menetap di Lembang. Keluarga Ursone adalah peternak sapi perah di kawasan Lembang dan juga menjadi “leveransir” (supplier) susu sapi utama untuk Hotel Savoy Homann Bandung.

Saat hijrah ke tanah Priangan keluarga Ursone memulai karirnya sebagai peternak sapi perah yang kemudian diambil susunya. Peternakan sapi milik keluarga Ursone dimulai sejak abad ke-20 pada tahun 1895. Dari hasil usaha tersebut keluarga Ursone mampu membangun perusahaan susu yang bernama Lembangsche Melkerij Ursone yang saat itu terkenal se Hindia Belanda sebagai penghasil susu terbaik dengan kualitas tinggi.

Saat mengawali karirnya keluarga ini hanya memiliki 30 ekor sapi perah yang didatangkan langsung dari daerah Friesland di negeri Belanda. Dalam waktu yang sangat singkat sapi yang dimiliki oleh keluarga ini berkembang pesat hingga mencapai 250 ekor sapi perah. Produksi susu yang semula hanya 100 botol per hari pun bertambah menjadi ribuan liter setiap harinya.

Produksi susu yang melimpah ini kemudian di tampung pada badan usaha gabungan para peternak dan pengusaha susu yang memiliki fasilitas pengolahan modern dan jaringan distribusi yang lebih luas, yang bernama Bandoengsche Melk Centrale (BMC) dan berlokasi di belakang Masjid Al Ukhuwah samping Balai Kota. Hingga kini Bandoengsche Melk Centrale (BMC) masih tetap beroperasi dan ditempat itu hadir sebuah café ternama dengan susu sebagai menu andalannya.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2018/01/wisata-sejarah-di-kabupaten-bandung-barat-jawa-barat/
Comments
Loading...