Sejarah Lakespra (Bekas Rumah Sakit Paru-Paru)

0 763

Lakespra (Bekas Rumah Sakit Paru-Paru)

Bangunan Lakespra dahulunya diperuntukan sebagai Rumah Sakit penderita par-paru dan TBC. Letaknya berada di Jalan Raya Pacet tepatnya di Kampung Panyaweuyan, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Cianjur. Letak secara astronomis berada di koordinat 06°76´28,8˝ LS 107°05´11,8˝ BT. Luas lahan dari bekas rumah sakit ini ±3,7 ha. Batas wilayahnya pada sisi utara berbatasan dengan Jl. Raya Pacet, sisi timur dengan rumah penduduk, sisi sekatan dengan perkebunan dan sisi barat dengan rumah penduduk. Kepemilikannya saat ini berada di bawah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara.

Bangunan ini dibangun pada masa Belanda yaitu pada tahun 1919, yang kemudian pada tahun 1987 pengelolaannya diambil alih oelh TNI Angkatan Udara dan difungsikan sebagai rumah sakit paru-paru juga Klinik Pusat Latihan SAR dan Survival, Outbound, serta Sewataud. Komplek bangunan ini juga merupakan gedung kantor PPKAP Pacet. Saat ini komplek Lakespra sudah tidak digunakan kembali dan menjadi komplek bangunan kosong sejak tahun 2004. Bangunan ini pun pernah digunakan untuk lokasi syuting sinetron yang cukup mendapatkan antusiasme yang besar dari penontonnya yaitu Pesantren Rock n Roll.

komplek bekas rumah sakit ini memiliki 10 ruangan yang belum diketahui difungsikan sebagai apa pada masa lalunya. Keadaannya bangunannya pun masih cukup baik, namun ada beberapa bangunan di bagian belakang sudah agak rusak. Seluruh bangunan hampir seluruhnya kosong dan tidak digunakan lagi, hanya ada satu bangunan rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal penjaga komplek ini dan sebuah musholah.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Lakespra-Bekas-Rumah-Sakit-Paru-Paru
Comments
Loading...