Sejarah Kutai Lama Anggana

0 85

Kutai Lama Anggana

Kutai Lama adalah desa di Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Pada awal abad ke-13, Kutai Lama merupakan pusat dari Kerajaan Kutai Kartanegara, sebelum akhirnya pindah ke ibu kota Kutai Kartanegara di Tenggarong. Kutai Lama sendiri, sampai saat ini masih terdapat situs peninggalan kerajaan tersebut.

Kutai lama sangat dikenal melalui keberadaan Makam Raja Aji Mahkota dan Raja Aji Pangeran di Langgar. Raja Aji Mahkota adalah raja dari kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang mula-mula memeluk agama Islam pada abad ke-17. Tempat ini diziarahi ribuan orang dalam setiap bulannya, para peziarah juga mengunjungi dan berdoa di makam Tunggang Parangan, seorang yang dipercaya sebagai ulama besar yang mengislamkan Aji Mahkota dan Aji Pangeran.Makam Aji Pangeran di Langgar dan Aji Mahkota berada di tanah yang agak tinggi. Jalan ke makam itu telah diperkeras dengan semen.

Sedikitnya ada tiga makam yang menurut warga sekitar sebagai makam kramat. Yakni makam Sultan Aji Mahkota, makam Sultan Aji Dilanggar dan Makam Tunggang Parangan. Ketiga makam tersebut berada di lokasi yang tak berdekatan. Masing-masing memiliki memiliki cerita sejarah terkait dengan Kerajaan Kutai

Setiap tahun desa Kutai lama masih menjadi bagian penyelenggaraan pesta adat erau yang di gelar oleh pihak Kesultanan Kutai, yaitu dengan digelarnya upacara adat mengulur Naga di perairan Kuta Lama.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/kutai-lama-anggana
Comments
Loading...