Sejarah Kota Lama Kudus

0 388

Lokasi Kota Lama Kudus

Kota Lama Kudus terletak di Kudus, Jawa Tengah.

Sejarah Kota Lama Kudus

Disebut Kota Lama, karena di sana lah Sunan Kudus membangun pusat peradaban pertama sekitar tahun 956 Hijriyah atau 1549 Masehi. Berdasarkan data yang termuat di Wikipedia, selain sebagai pusat penyebaran Islam yang berpusat di Masjid Menara Kudus, juga digunakan untuk menjalankan pemerintahan.

Sunan Kudus membangun kota tersebut yang sebelumnya bernama Tajug. Disebut Tajug karena sebelumnya di sana banyak terdapat bangunan-bangunan tajug yang digunakan masyarakat pra-Islam untuk beribadah. Sunan Kudus kemudian mengganti nama Tajug menjadi Kudus, yang artinya suci.

Kultur dan kebudayaan Islam yang dibawa Sunan Kudus kemudian membentuk karakter masyarakat setempat. Karakter tersebut saat ini sering diungkapkan dalam sebuah akronim Gusjigang. Akronim itu berasal dari tiga kata, yakni bagus, pinter ngaji, dan pinter dagang. Karakter tersebut hingga kini masih dimiliki masyarakat Kudus Kulon.

Disebut Kudus Kulon, karena letak Kota Lama yang berada di sebelah barat (kulon) Sungai (kali) Gelis. Beberapa desa yang berada di Kudus Kulon di antaranya, Desa Kauman, Kerjasan, Langgar Dalem, Demangan, Janggalan, Damaran dan Kajeksan. Desa-desa tersebut dulu berada di pusat kota atau pusat pemerintahan.

Selain desa atau kelurahan tersebut, ada sejumlah desa atau kelurahan yang juga masuk dalam Kudus Kulon, namun wilayahnya berada dipinggiran pusat Kota Lama. beberapa desa tersebut antara lain, Krandon, Singocandi, Purwosari, dan Sunggingan.

Source http://seputarkudus.com http://seputarkudus.com/2016/04/menyusuri-kota-lama-kudus.html
Comments
Loading...