Sejarah Komplek Bekas Pabrik Bir Surabaya

0 91

Komplek Bekas Pabrik Bir

Kawasan Pabrik Bir sejak tahun 1916, Surabaya dikenal sebagai kota pelabuhan terbesar pertama di Indonesia, telah memiliki kawasan industri pertama yang terletak di kawasan Ngagel. Kala itu dikelola oleh perusahaan THE BRAAT {Surabaya City of Work, Howard W. Dick). Dari sana kemudian berdiri industri-industri lain di kawasan tersebut, salah satunya adalah pabrik bir dengan merek Java Beer dikelola oleh NV. Nederlands Indische Bierbrouwerijen pada tahun 1929.

Pada tahun 1936 NV ini berganti nama akibat perubahan kepemilikan dengan HEINEKEN sebagai pemegang saham terbesar. Pada tahun 1937 pabrik ini mulai memproduksi bir dengan merek Heineken untuk pertama kalinya dipasarkan di Indonesia. Setelah berganti nama beberapa kali, akhirnya pabrik bir ini dikenal sebagai Pabrik Bir Bintang di bawah kelola PT. Multi Bintang Indonesia.

Seiring perubahan tata kota Surabaya yang merelokasi sentra industri di kawasan Ngagel dan sekitarnya, maka pada tahun 1988 Pabrik Bir Bintang juga harus merelokasi pabriknya ke luar kota Surabaya. Bangunan pabrik yang ditinggalkan menjadi lahan kosong di tengah kota. Pada tahun 2000 akhirnya kawasan pabrik bir ini dibeli oleh PT. AJBS yang menjadikannya sebagai komplek bisnis.

Kemudian di dalamnya berdiri AJBS Swalayan (store hardware), AJBS Convention (tempat untuk berbagai konvensi maupun pameran), amusement (bilyard dan bowling), serta beberapa tenant lain yang mempergunakannya sebagai kantor atau pun tempat usaha.

Kini di kawasan yang dikenal sebagai bekas pabrik bir, sebagian masyarakat Surabaya masih mengenal AJBS sebagai tempat bowling dan bilyar, tempat pameran atau pun AJBS Swalayan yang hanya menjual mur-baut, telah berubah menjadi sebuah kompleks belanja dengan konsep one stop shopping untuk semua kebutuhan merenovasi dan mempercantik rumah (home improvement). Di area kompleks belanja ini memiliki dua store yaitu AJBS HIC (Home Improvement Center) seluas 5.000 m2. Menawarkan berbagai produk hardware dan building material.

Di AJBS HIC berbagai kebutuhan hardware baik untuk kepentingan industri maupun rumah tangga tersedia dengan range produk yang sangat lengkap. Mulai tools, power-tools seperti generator, kompresor, welding dan semua peralatan teknik tersedia dengan harga yang sangat kompetitif. Di store ini kebutuhan building material mulai dari lantai hingga atap seperti tiles dengan berbagai merek, cat, sanitary, bathroom, pintu-pintu beserta aksesorisnya, lampu dan electrical, atap hingga bata ringan dan semen instan tersedia di tempat ini.

Sedangkan store lainnya adalah AJBS HF (Home Furnishings), store dengan selling area seluas 3000 m2, ini menawarkan berbagai kebutuhan mengisi dan mempercantik rumah mulai dari furnitur, home decor, kitchen appliances, home appliances tersedia di sini.

Source https://jawatimuran.wordpress.com https://jawatimuran.wordpress.com/2012/07/21/ajbs-home-improvement-center/
Comments
Loading...