Sejarah Klenteng Tek Hay Kiong Tegal

0 375

Lokasi Klenteng Tek Hay Kiong

Klenteng Tek Hay Kiong terletak di Jl. Gurame No. 4 Tegal – Jawa Tengah.

Klenteng Tek Hay Kiong

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal, berdiri diatas tanah seluas 4500 meter persegi, usia klenteng Tek Hay Kiong kini sekitar 305 tahun dengan Tuan Rumahnya Ze Hai Zhen Ren / Tek Hay Cin Jien, yang nama aslinya Konco Guo Liuk Kwan [Kwee Lak Kwa] yang artinya “Seorang insan yang telah mencapai Ke Tuhanan dan Kebajikan seluas lautan”, merupakan dewa pujaan utama di Klenteng Tek Hay Kiong Tegal.

Sedangkan Klenteng Tek Hay Kiong sendiri berarti Klenteng Lautan Kebajikan. Bagi masyarakat Tegal dan sekitrnya Konco Tek Hay Cin Jien dipuja sebagai Dewa Pelindung. Mereka percaya bahwa bagi mereka yang dapat mendekati jiwa kepribadiannya, akan dapat menikmati dan niscaya akan mendapat berkah dan keselamatan Kongco Tek Hay Cin Jien.

Banyak versi yang mengungkapkan tentang riwayat Kongco Tek Hay Cin Jien, beliau seorang yang bertubuh tinggi besar, pemberani, rajin dan ramah tamah.

Bagi masyarakat Tegal dan sekitarnya khususnya dikalangan etnis Tionghoa, klenteng ini begitu populer selain berada dipusat kota stuktur bangunan klenteng ini dianggap menarik dan unik. Ditambah umur rumah ibadah Tek Hay Kiong tergolong cukup tua, maka tidak heran klenteng ini selalu ramai dikunjungi umat yang ingin melakukan kegiatan ritualnya.

Klenteng Tek Hay Kiong Tegal pernah mendapat restorasi pada tahun 1873 oleh Kapiten Tan Koen Hway, kelenteng Tek Hay Kiong sebelumnya bernama Cin Jin Bio adapun nama Tek Hay Kiong (Tek: rawa, Hay: laut, Kiong: istana) dapat diartikan juga Istana dari Konco Tek Hay Cin Jien yang merupakan gelar kebesaran dari Kwee Lak Kwa.

Source Klenteng Tek Hay Kiong Tegal
Comments
Loading...